PJOK 9 : AKTIVITAS PERMAINAN BOLA BESAR

 


 

 

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

BAGAIMANA KABAR ANAK-ANAKKU YANG SHOLEH/SHOLEHAH?

 

INSYA ALLAH KALIAN DALAM KEADAAN YANG BAIK DAN SEHAT SEMUA YA......

 

AAMIIN.

 

 

 

PADA HARI INI, DI AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 KITA MASIH HARUS BELAJAR SECARA DARING.

 

KALIAN TAHU KAN SEBABNYA???

 

YA. SEBABNYA ADALAH KARENA PEMERINTAH SEDANG MEMBERLAKUKAN PPKM DARURAT DI DAERAH KITA. APA ITU PPKM ?

 

PPKM ADALAH KEPANJANGAN DARI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT.

 

AKAN TETAPI, WALAUPUN DALAM KEADAAN APAPUN BELAJAR HARUS TETAP DILAKUKAN, KENAPA?????

 

KARENA BELAJAR ADALAH KEWAJIBAN DAN KEBUTUHAN KITA.

 

 

 

BELAJAR ADALAH KEWAJIBAN KITA KARENA AGAMA KITA MEMERINTAHKAN/MEWAJIBAKAN UNTUK MENUNTUT ILMU (BELAJAR) DAN HUKUMNYA ADALAH FARDHU ‘AIN.

 

BELAJAR ADALAH KEBUTUHAN KITA. KARENA SETIAP ORANG HARUS MEMILIKI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DI DALAM MENJALANI HIDUPNYA. PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ITU DIDAPATKAN MELALUI BELAJAR.

 

KALIAN TIDAK AKAN MEMILIKI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN, JIKA KALIAN TIDAK MAU ATAU MALAS BELAJAR.

 

JADI BELAJAR ITU, AMAT SANGAT PENTING.

 

TERUS SEMANGAT BELAJAR AGAR SEMAKIN BERTAMBAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILANMU.

 

 

 

ANAK-ANAKKU YANG SHOLEH/SHOLEHAH`

PADA DARING PERTAMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) INI; KITA AKAN BELAJAR TENTANG AKTIVITAS PERMAINAN BOLA BESAR, YAITU PERMAINAN SEPAK BOLA.

KALIAN BACA DAN PAHAMI MATERI INI YA!!!!

 

AKTIVITAS PERMAINAN BOLA BESAR

 

AKTIVITAS PERMAINAN BOLA BESAR MELALUI PERMAINAN SEPAK BOLA

 

1.         ATIVITAS PEMBELAJARAN

DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA, SEORANG PEMAIN HARUS MEMILIKI KETERAMPILAN (SKILL) DALAM PERMAINAN AGAR DAPAT BERMAIN DENGAN BAIK DAN LINCAH, SEHINGGA DAPAT MEMENANGKAN PERMAINAN.

UNTUK MEMILIKI KETERAMPILAN (SKILL) YANG BAIK, SEORANG PEMAIN HARUS MEMPELAJARI GERAK SPESIFIK PERMAINAN SEPAK BOLA.

GERAK SPESIFIK ATAU YANG JUGA DIKENAL DENGAN ISTILAH TEKNIK, PERLU DILAKUKAN SECARA BERTAHAP. BERTAHAP DALAM ARTI PEMBELAJARAN GERAK SPESIFIK DILAKUKAN DARI YANG RINGAN KE YANG BERAT, DARI YANG SEDERHANA KE YANG RUMIT/SULIT.

 

SETELAH MEMPELAJARI MATERI INI, KALIAN DIHARAPKAN DAPAT :

a.          MEMILIKI KETERAMPILAN  GERAK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA.

b.          MEMILIKI PENGETAHUAN TENTANG GERAK SPESIFIK PERMAINAN SEPAK BOLA, MEMAHAMI KARAKTER BOLA YANG DIGUNAKAN, MENGENAL KONSEP RUANG DAN WAKTU.

c.            PERMAINAN  YANG SESUAI DAN DAPAT MEMBERI PENGALAMAN BELAJAR, KESEMPATAN UNTUK MENGGUNAKAN DAN BERADAPTASI DENGAN GERAK MOTORIK, MENGGUNAKANNYA PADA SITUASI PERMAINAN YANG BERUBAH- UBAH.

d.          MENINGKAT KEBUGARAN JASMANI.

e.           MEMILIKI  SIKAP, SEPERTI: SPORTIVITAS, KERJA SAMA, TANGGUNG JAWAB, DAN DISIPLIN DAPAT MEMAHAMI BUDAYA ORANG LAIN. 

 

 2. MATERI PEMBELAJARAN

a.  AKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK SPESIFIK PERMAINAN SEPAK BOLA 

GERAK SPESIFIK INI DIARTIKAN SEBAGAI TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA, ADAPUN GERAK SPESIFIK TERSEBUT ANTARA LAIN:

1.     MENENDANG BOLA

2.  MENAHAN/MENGONTROL BOLA

3.   MENGGIRING BOLA

4.      MENYUNDUL BOLA. 

 

 

AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN LATIHAN GERAK SPESIFIK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA BERTUJUAN UNTUK :

1.             MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN TEKNIS DALAM SITUASI PERMAINAN SEPAK BOLA,

2.           MELATIH DAN MENERAPKAN TAKTIK/STRATEGI TERTENTU,

3.           MELATIH KERJA SAMA BAIK BAGIAN TERTENTU MAUPUN TIM SECARA KESELURUHAN, DAN

4.           MENINGKATKAN KUALITAS FISIK.

 

b. AKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK VARIASI DAN KOMBINASI PERMAINAN SEPAK BOLA 

GERAK VARIASI DAN KOMBINASI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MERUPAKAN GABUNGAN BEBERAPA HAL (GERAK DASAR) YANG DILAKUKAN DALAM SATU RANGKAIAN GERAK, DENGAN TUJUAN SEORANG PEMAIN DAPAT MENENDANG, MENAHAN, MENGGIRING, DAN MENYUNDUL BOLA. 

v   GERAK VARIASI BERMAKNA SATU JENIS GERAKAN DILAKUKAN DENGAN BERBAGAI CARA, MISALNYA GERAK MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, PUNGGUNG KAKI, KAKI BAGIAN LUAR.

 

GERAK MENENDANG DAPAT DIAJARKAN SECARA INDIVIDUAL DENGAN CARA SEBAGAI BERIKUT.

1.         BERDIRI MENGHADAP KE DINDING DENGAN JARAK 1 METER.

2.      TENDANG BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DENGAN KEKUATAN SEDANG KE DINDING DAN PANTULANNYA PESERTA DIDIK BERHENTIKAN DENGAN TELAPAK KAKI.

 

3.       SETELAH MELAKUKAN TEKNIK DI ATAS TERPANTAU ADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, LAKUKAN PADA LATIHAN  MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI ATAU KAKI BAGIAN LUAR.

4.      SELANJUTNYA MENCOBA UNTUK MERASAKAN GERAKAN YANG TELAH DILAKUKAN, HARAPANNYA AGAR SEORANG PEMAIN DAPAT MENEMUKAN CARA YANG TEPAT UNTUK MENENTUKAN TEKNIK MANA YANG AKAN DIPILIHNYA UNTUK MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA MENGGUNAKAN BERBAGAI BAGIAN KAKI.

5.       UNTUK VARIASI LATIHAN, LAKUKAN DENGAN CARA MENGUBAH JARAK BERDIRI DARI DINDING. KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PADA SAAT LATIHAN DENGAN POLA INI ADALAH PANDANGAN SEORANG PEMAIN TERLALU FOKUS PADA BOLA, SEHINGGA HAL LAIN KURANG TERPERHATIKAN, MISALNYA TITIK PERKENAAN BOLA DENGAN KAKI, PERGERAKAN BOLA.  JADI HAL INI HARUS MENJADI PERHATIAN DALAM SETIAP MELAKUKAN AKTIVITAS INI.

 

v   SEDANGKAN GERAK KOMBINASI BERMAKNA MENGHUBUNGKAN DUA JENIS KETERAMPILAN GERAK, MISALNYA SETELAH MELAKUKAN GERAK MEMBERHENTIKAN BOLA DILANJUTKAN DENGAN GERAK MENENDANG.  

 

v   CARA LAIN UNTUK MEMBELAJARKAN VARIASI DAN KOMBINASI MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA DAPAT DILAKUKAN SECARA BERPASANGAN.

 

 

BENTUK-BENTUK LATIHAN ANTARALAIN :

®            LAKUKAN LATIHAN SECARA BERPASANGAN UNTUK BERLATIH MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA, TIDAK MASALAH WANITA DIPASANGKAN DENGAN LAKI-LAKI.

®            LAKUKAN GERAK SALING MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA SECARA BERPASANGAN, MISALNYA ANDI MENENDANG  MENGGUNAKAN KAKI KANAN BAGIAN DALAM DAN BUDI MEMBERHENTIKAN MENGGUNAKAN KAKI KIRI SELANJUTNYA DILAKUKAN SECARA BERGANTIAN.

®            SETELAH LATIHAN DAPAT MENGUASAI GERAKAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI KANAN, KEMUDIAN LAKUKAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI KIRI.

®            SETELAH PESERTA LATIHAN AGAK MAHIR MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, TUGASKAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN BAGIAN PUNGGUNG KAKI DAN KAKI BAGIAN LUAR DENGAN CARA YANG SAMA.

®            AKTIVITAS LAIN DAPAT JUGA DILAKUKAN DENGAN CARA, MISALNYA SI ANDI MELAMBUNGKAN BOLA DAN SI BUDI MENAHAN DAN MENENDANG KEMBALI KE ARAH SI ANDI.

®            PEMBELAJARAN INI DILAKUKAN DI TEMPAT, DILANJUTKAN DENGAN BERGERAK MAJU-MUNDUR, DAN BERGERAK KE KANAN DAN KIRI.

 

v   SETELAH PESERTA LATIHAN MENCOBA KETERAMPILAN MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA SECARA BERPASANGAN, SELANJUTNYA LAKUKAN LATIHAN DENGAN  MENGGANTI TITIK PERKENAAN BOLA DENGAN KAKI, MISALNYA LATIHAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA TITIK BAWAH BOLA, DAN MENGAMATI PERGERAKAN BOLA, BAGAIMANA JALANNYA BOLA, KECEPATAN BOLA BAGAIMANA DAN LAINNYA, SETELAH ITU COBA TENDANG BOLA PADA TITIK TENGAH BOLA BAGAIMANA PERGERAKAN BOLA DAN KECEPATAN BOLA, SERTA PADA TITIK ATAS BAGAIMANA PERGERAKAN BOLA.  

c.   AKTIVITAS PEMBELAJARAN   (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING BOLA DENGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, LUAR, DAN  PUNGGUNG KAKI) 

 

      BENTUK-BENTUK LATIHANNYA SEBAGAI BERIKUT :

Ø   BUATLAH PARA PESERTA UNTUK BERPASANGAN, MASING-MASING MENDAPATKAN SATU BOLA.

Ø    SATU ORANG BERDIRI DI DEPAN, BERPERAN SEBAGAI PENENTU ARAH DAN PASANGANNYA DI BELAKANGNYA PADA JARAK 2 METER.

Ø   PENENTU ARAH MULAI MENGGIRING BOLA MENGGUNAKAN BERBAGAI BAGIAN KAKI DENGAN KAKI KANAN DAN KAKI KIRI KE BERBAGAI ARAH DAN PASANGANNYA MENGIKUTI GERAKAN DENGAN ARAH YANG SAMA.

Ø   SETELAH BEBERAPA SAAT LAKUKAN PERGANTIAN POSISI.

Ø   SETELAH TERPANTAU ADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MAKA,  PESERTA  HARUS  MENERAPKAN KETERAMPILAN YANG SUDAH DIPELAJARI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN PERATURAN YANG DISEDERHANAKAN.

d. AKTIVITAS PEMBELAJARAN 3 (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING, MENENDANG, DAN MENGHENTIKAN BOLA) 

 

BENTUK-BENTUK LATIHANNYA SEBAGAI BERIKUT :

Ø     LATIHAN DILAKUKAN SECARA BERPASANGAN.

Ø     SETIAP PASANGAN BERDIRI MENGHADAP KE DEPAN DALAM SATU BARISAN.

Ø     TUGAS 1 PESERTA MENGGIRING MENGGUNAKAN KAKI KIRI DAN KANAN SECARA BERGANTIAN MENEMPUH JARAK SEKITAR 7-10 METER, LALU BOLA DITAHAN MENGGUNAKAN TELAPAK KAKI, KEMUDIAN BERPUTAR ARAH 180 DERAJAT.

Ø     SETELAH BADAN MENGHADAP TEMAN, TENDANG BOLA KE ARAHNYA DAN DITAHAN DENGAN TELAPAK KAKI, KAKI BAGIAN DALAM/LUAR ATAU PUNGGUNG KAKI.

Ø     LAKUKAN PERMAINAN SECARA BERGANTIAN

                                 

*        Latihan jenis ini dapat divariasikan dengan bentuk lain seperti, menggiring, memberhentikan, dan menendang bola dalam formasi segi tiga, setelah beberapa saat diganti segi empat, garis lurus, atau menyerong. Pola latihan seperti ini akan membuat peserta didik sangat tertantang dan kemajuan keterampilan mereka agak cepat tercapai.

 

e. AKTIVITAS PEMBELAJARAN   (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING DAN MENENDANG KE ARAH SASARAN (GAWANG), ARAH GERAKAN MENGGIRING LURUS)

 

 

LANGKAH-LANGKAH LATIHANNYA SEBAGAI BERIKUT :

ü    TUGASKAN PESERTA SECARA BERPASANGAN ATAU BERKELOMPOK, SELURUH PESERTA DIDIK TERSEBAR KE SELURUH KELOMPOK, JIKA SARANA MEMADAI.

ü    SURUH PESERTA  UNTUK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA SEBUAH GAWANG MENGGUNAKAN BENDERA/CONE ATAU SEPATU LEBAR KIRA-KIRA 2 METER.

ü    TEMPATKAN SEBUAH TANDA MENGGUNAKAN BENDERA/CONE/SEPATU 4-6 METER DI DEPAN GAWANG SEBAGAI TANDA UNTUK MELAKUKAN TENDANGAN.

ü    SATU ORANG SEBAGAI PENJAGA GAWANG.

ü    LAKUKAN GERAKAN MENGGIRING BOLA MENGGUNAKAN KAKI KIRI DAN KANAN DENGAN BERBAGAI BAGIAN KAKI SAMPAI BATAS UNTUK MELAKUKAN TENDANGAN.

ü    LAKUKAN GERAKAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM.

ü    SETELAH PESERTA DIDIK MELAKUKAN DENGAN KAKI BAGIAN DALAM SELANJUTNYA LAKUKAN DENGAN PUNGGUNG KAKI.

ü    DARI KEDUA JENIS PERKENAAN BOLA DENGAN KAKI, KAKI BAGIAN MANAKAH YANG LEBIH AKURAT MEMASUKKAN BOLA.

 

f.                  AKTIVITAS PEMBELAJARAN  (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING DAN MENENDANG KE ARAH SASARAN (GAWANG), DENGAN GERAKAN MENGGIRING ZIG-ZAG) 

LANGKAH-LANGKAH LATIHANNYA ADALAH :

Ø   PEMBELAJARAN DILAKUKAN SECARA PERORANGAN, BERPASANGAN, BERKELOMPOK, ATAU FORMASI BERBANJAR.

Ø   TUGASKAN PESERTA  UNTUK MEMBUAT  SEBUAH GAWANG MENGGUNAKAN BENDERA/CONE ATAU SEPATU DENGAN JARAK KIRA-KIRA 2 METER.

Ø   DI DEPAN GAWANG TERSEBUT TEMPATKAN 4 TANDA/BENDERA, JARAK MASING-MASINGNYA 2 METER DENGAN POSISI ZIG-ZAG.

Ø   TUGASKAN PESERTA  UNTUK MELAKUKAN GERAKAN MENGGIRING BOLA LURUS, LALU SAMPAI PADA TANDA/ BENDERA LAKUKAN GERAKAN MENGGIRING ZIG-ZAG MENGGUNAKAN BERBAGAI BAGIAN KAKI.

Ø   SETELAH TANDA/BENDERA TERAKHIR LAKUKAN GERAKAN MENENDANG DENGAN KAKI BAGIAN DALAM, LUAR ATAU PUNGGUNG KAKI KE ARAH GAWANG. PERMAINAN JENIS INI PADA DASARNYA UNTUK MENINGKAT KECEPATAN (SPEED) PESERTA DIDIK, UNTUK LEBIH MENINGKAT HASILNYA DAPAT DENGAN MEMPERPENDEK JARAK ZIG-ZAG MENJADI 1 METER DAN MAKIN LAMA MAKIN KECIL.

 

g.               AKTIVITAS PEMBELAJARAN 6 (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING, MENAHAN, MENGUMPAN, DAN MENYUNDUL BOLA)

  

DENGAN CARA SEBAGAI BERIKUT.

Ø    AKTIVITAS PEMBELAJARAN DILAKUKAN SECARA PERORANGAN, BERPASANGAN, BERKELOMPOK, ATAU FORMASI LINGKARAN.

Ø    LAMBUNGKAN BOLA KE ATAS DENGAN TANGAN/DICUNGKIL DENGAN UJUNG KAKI.

Ø    SETELAH BOLA TURUN, TENDANG KEMBALI KE ATAS SECARA PERLAHAN DAN SAAT BOLA TURUN TAHAN DENGAN KEPALA (SUNDUL), DADA, PAHA, LALU BOLA JATUH KE TANAH DITAHAN DENGAN KAKI.

Ø    LAKUKAN DI TEMPAT DAN DILANJUTKAN SAMBIL  BERJALAN/MENGGIRING BOLA.

 

 TINGKAT KESULITAN LATIHAN INI CUKUP TINGGI, UNTUK ITU AGAR PESERTA  MUDAH MELAKUKAN LATIHAN INI COBA LAKUKAN BENTUK LATIHAN SECARA TERPISAH, MISALNYA LATIHAN MENGONTROL BOLA MENGGUNAKAN PAHA DENGAN CARA MELAMBUNGKAN BOLA  DAN MENAHANNYA  DENGAN PAHA, SETELAH ADA KEMAJUAN DILANJUTKAN DENGAN GERAKAN MENAHAN DENGAN DADA. PERMAINAN JENIS INI DAPAT JUGA DILAKUKAN SECARA BERPASANGAN, SATU ORANG SEBAGAI PELAMBUNG DAN SATU ORANG YANG MENAHAN/ MENYUNDUL, PERTAMA LAKUKAN DARI JARAK DEKAT DENGAN DIAM DI TEMPAT, SETELAH TERAMATI TERDAPAT KEMAJUAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK, MAKA LAKUKAN LATIHAN GERAK MENYUNDUL INI BERGERAK KE BERBAGAI ARAH (MAJU-MUNDUR, KE SAMPING KIRI, KE SAMPING KANAN).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SETELAH MENYIMAK MATERI TERSEBUT, SILAKAN KALIAN JAWAB PERTANYAAN BERIKUT INI.

1.     APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG PERMAINAN SEPAK BOLA?

2.  JELASKAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN TEKNIK DASAR? DAN SEBUTKAN TEKNIK DASAR (AKTIVITAS SPESIFIK) DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA.

3.  DARI BEBERAPA BENTUK LATIHAN PADA MATERI DI ATAS; BENTUK LATIHAN MANA YANG PALING SULIT? APA ALASANNYA?

 

SELAMAT MENGERJAKAN!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI FIQIOH KELAS 8 : SUJUD SYUKUR, SUJUD SAHWI, DAN SUJUD TILAWAH

BAHASA ARAB KELAS 7 "MATERI 'AMILUNA FI MADROSATI"