PJOK 9 : AKTIVITAS PERMAINAN BOLA BESAR
ASSALAMU’ALAIKUM
WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.
BAGAIMANA KABAR ANAK-ANAKKU YANG
SHOLEH/SHOLEHAH?
INSYA ALLAH KALIAN DALAM KEADAAN YANG BAIK
DAN SEHAT SEMUA YA......
AAMIIN.
PADA
HARI INI, DI AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 KITA MASIH HARUS BELAJAR SECARA
DARING.
KALIAN TAHU KAN SEBABNYA???
YA.
SEBABNYA ADALAH KARENA PEMERINTAH SEDANG MEMBERLAKUKAN PPKM
DARURAT DI DAERAH KITA. APA ITU PPKM ?
PPKM ADALAH KEPANJANGAN DARI
PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT.
AKAN
TETAPI, WALAUPUN DALAM KEADAAN APAPUN BELAJAR HARUS TETAP DILAKUKAN, KENAPA?????
KARENA
BELAJAR ADALAH KEWAJIBAN DAN KEBUTUHAN KITA.
BELAJAR
ADALAH KEWAJIBAN KITA KARENA AGAMA KITA MEMERINTAHKAN/MEWAJIBAKAN UNTUK
MENUNTUT ILMU (BELAJAR) DAN HUKUMNYA ADALAH FARDHU ‘AIN.
BELAJAR
ADALAH KEBUTUHAN KITA. KARENA SETIAP ORANG HARUS MEMILIKI PENGETAHUAN DAN
KETERAMPILAN DI DALAM MENJALANI HIDUPNYA. PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ITU
DIDAPATKAN MELALUI BELAJAR.
KALIAN
TIDAK AKAN MEMILIKI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN, JIKA KALIAN TIDAK MAU ATAU
MALAS BELAJAR.
JADI BELAJAR ITU, AMAT SANGAT PENTING.
TERUS
SEMANGAT BELAJAR AGAR SEMAKIN BERTAMBAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILANMU.
ANAK-ANAKKU
YANG SHOLEH/SHOLEHAH`
PADA DARING
PERTAMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) INI;
KITA AKAN BELAJAR
TENTANG AKTIVITAS PERMAINAN BOLA BESAR, YAITU PERMAINAN SEPAK BOLA.
KALIAN BACA
DAN PAHAMI MATERI INI YA!!!!
AKTIVITAS
PERMAINAN BOLA BESAR
AKTIVITAS
PERMAINAN BOLA BESAR MELALUI PERMAINAN SEPAK BOLA
1.
ATIVITAS PEMBELAJARAN
DALAM
PERMAINAN SEPAK BOLA, SEORANG PEMAIN HARUS MEMILIKI KETERAMPILAN (SKILL) DALAM
PERMAINAN AGAR DAPAT BERMAIN DENGAN BAIK DAN LINCAH, SEHINGGA DAPAT MEMENANGKAN
PERMAINAN.
UNTUK
MEMILIKI KETERAMPILAN (SKILL) YANG BAIK, SEORANG PEMAIN HARUS MEMPELAJARI GERAK
SPESIFIK PERMAINAN SEPAK BOLA.
GERAK
SPESIFIK ATAU YANG JUGA DIKENAL DENGAN ISTILAH TEKNIK, PERLU DILAKUKAN SECARA
BERTAHAP. BERTAHAP DALAM ARTI PEMBELAJARAN GERAK SPESIFIK DILAKUKAN DARI YANG
RINGAN KE YANG BERAT, DARI YANG SEDERHANA KE YANG RUMIT/SULIT.
SETELAH
MEMPELAJARI MATERI INI, KALIAN DIHARAPKAN DAPAT :
a.
MEMILIKI
KETERAMPILAN GERAK DASAR PERMAINAN SEPAK
BOLA.
b.
MEMILIKI
PENGETAHUAN TENTANG GERAK SPESIFIK PERMAINAN SEPAK BOLA, MEMAHAMI KARAKTER BOLA
YANG DIGUNAKAN, MENGENAL KONSEP RUANG DAN WAKTU.
c.
PERMAINAN YANG SESUAI DAN DAPAT MEMBERI PENGALAMAN
BELAJAR, KESEMPATAN UNTUK MENGGUNAKAN DAN BERADAPTASI DENGAN GERAK MOTORIK,
MENGGUNAKANNYA PADA SITUASI PERMAINAN YANG BERUBAH- UBAH.
d.
MENINGKAT
KEBUGARAN JASMANI.
e.
MEMILIKI SIKAP, SEPERTI: SPORTIVITAS, KERJA SAMA,
TANGGUNG JAWAB, DAN DISIPLIN DAPAT MEMAHAMI BUDAYA ORANG LAIN.
2. MATERI PEMBELAJARAN
a. AKTIVITAS
PEMBELAJARAN GERAK SPESIFIK PERMAINAN SEPAK BOLA
GERAK
SPESIFIK INI DIARTIKAN SEBAGAI TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA, ADAPUN GERAK
SPESIFIK TERSEBUT ANTARA LAIN:
1.
MENENDANG BOLA
2. MENAHAN/MENGONTROL BOLA
3. MENGGIRING BOLA
4.
MENYUNDUL
BOLA.
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN DAN LATIHAN GERAK SPESIFIK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA BERTUJUAN
UNTUK :
1.
MENINGKATKAN
PENGUASAAN KETERAMPILAN TEKNIS DALAM SITUASI PERMAINAN SEPAK BOLA,
2.
MELATIH
DAN MENERAPKAN TAKTIK/STRATEGI TERTENTU,
3.
MELATIH
KERJA SAMA BAIK BAGIAN TERTENTU MAUPUN TIM SECARA KESELURUHAN, DAN
4.
MENINGKATKAN
KUALITAS FISIK.
b. AKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK VARIASI DAN
KOMBINASI PERMAINAN SEPAK BOLA
GERAK
VARIASI DAN KOMBINASI DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MERUPAKAN GABUNGAN BEBERAPA
HAL (GERAK DASAR) YANG DILAKUKAN DALAM SATU RANGKAIAN GERAK, DENGAN TUJUAN SEORANG
PEMAIN DAPAT MENENDANG, MENAHAN, MENGGIRING, DAN MENYUNDUL BOLA.
v
GERAK
VARIASI BERMAKNA SATU JENIS GERAKAN DILAKUKAN DENGAN BERBAGAI CARA, MISALNYA
GERAK MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, PUNGGUNG KAKI, KAKI BAGIAN
LUAR.
GERAK MENENDANG DAPAT DIAJARKAN
SECARA INDIVIDUAL DENGAN CARA SEBAGAI BERIKUT.
1.
BERDIRI
MENGHADAP KE DINDING DENGAN JARAK 1 METER.
2.
TENDANG
BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DENGAN KEKUATAN SEDANG KE DINDING DAN
PANTULANNYA PESERTA DIDIK BERHENTIKAN DENGAN TELAPAK KAKI.
3.
SETELAH
MELAKUKAN TEKNIK DI ATAS TERPANTAU ADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENENDANG BOLA
MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, LAKUKAN PADA LATIHAN MENGGUNAKAN PUNGGUNG KAKI ATAU KAKI BAGIAN
LUAR.
4.
SELANJUTNYA
MENCOBA UNTUK MERASAKAN GERAKAN YANG TELAH DILAKUKAN, HARAPANNYA AGAR SEORANG
PEMAIN DAPAT MENEMUKAN CARA YANG TEPAT UNTUK MENENTUKAN TEKNIK MANA YANG AKAN
DIPILIHNYA UNTUK MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA MENGGUNAKAN BERBAGAI BAGIAN
KAKI.
5.
UNTUK
VARIASI LATIHAN, LAKUKAN DENGAN CARA MENGUBAH JARAK BERDIRI DARI DINDING.
KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN PADA SAAT LATIHAN DENGAN POLA INI ADALAH
PANDANGAN SEORANG PEMAIN TERLALU FOKUS PADA BOLA, SEHINGGA HAL LAIN KURANG
TERPERHATIKAN, MISALNYA TITIK PERKENAAN BOLA DENGAN KAKI, PERGERAKAN BOLA. JADI HAL INI HARUS MENJADI PERHATIAN DALAM
SETIAP MELAKUKAN AKTIVITAS INI.
v
SEDANGKAN
GERAK KOMBINASI BERMAKNA MENGHUBUNGKAN DUA JENIS KETERAMPILAN GERAK, MISALNYA
SETELAH MELAKUKAN GERAK MEMBERHENTIKAN BOLA DILANJUTKAN DENGAN GERAK MENENDANG.
v
CARA
LAIN UNTUK MEMBELAJARKAN VARIASI DAN KOMBINASI MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN
BOLA DAPAT DILAKUKAN SECARA BERPASANGAN.
BENTUK-BENTUK LATIHAN
ANTARALAIN :
®
LAKUKAN
LATIHAN SECARA BERPASANGAN UNTUK BERLATIH MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA,
TIDAK MASALAH WANITA DIPASANGKAN DENGAN LAKI-LAKI.
®
LAKUKAN
GERAK SALING MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA SECARA BERPASANGAN, MISALNYA
ANDI MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI KANAN
BAGIAN DALAM DAN BUDI MEMBERHENTIKAN MENGGUNAKAN KAKI KIRI SELANJUTNYA
DILAKUKAN SECARA BERGANTIAN.
®
SETELAH
LATIHAN DAPAT MENGUASAI GERAKAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI KANAN, KEMUDIAN
LAKUKAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI KIRI.
®
SETELAH
PESERTA LATIHAN AGAK MAHIR MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, TUGASKAN PESERTA
DIDIK MENGGUNAKAN BAGIAN PUNGGUNG KAKI DAN KAKI BAGIAN LUAR DENGAN CARA YANG
SAMA.
®
AKTIVITAS
LAIN DAPAT JUGA DILAKUKAN DENGAN CARA, MISALNYA SI ANDI MELAMBUNGKAN BOLA DAN
SI BUDI MENAHAN DAN MENENDANG KEMBALI KE ARAH SI ANDI.
®
PEMBELAJARAN
INI DILAKUKAN DI TEMPAT, DILANJUTKAN DENGAN BERGERAK MAJU-MUNDUR, DAN BERGERAK
KE KANAN DAN KIRI.
v
SETELAH
PESERTA LATIHAN MENCOBA KETERAMPILAN MENENDANG DAN MEMBERHENTIKAN BOLA SECARA
BERPASANGAN, SELANJUTNYA LAKUKAN LATIHAN DENGAN MENGGANTI TITIK PERKENAAN BOLA DENGAN KAKI,
MISALNYA LATIHAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA TITIK BAWAH BOLA,
DAN MENGAMATI PERGERAKAN BOLA, BAGAIMANA JALANNYA BOLA, KECEPATAN BOLA
BAGAIMANA DAN LAINNYA, SETELAH ITU COBA TENDANG BOLA PADA TITIK TENGAH BOLA
BAGAIMANA PERGERAKAN BOLA DAN KECEPATAN BOLA, SERTA PADA TITIK ATAS BAGAIMANA
PERGERAKAN BOLA.
c. AKTIVITAS PEMBELAJARAN (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING
BOLA DENGAN MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, LUAR, DAN PUNGGUNG KAKI)
BENTUK-BENTUK LATIHANNYA SEBAGAI BERIKUT :
Ø
BUATLAH
PARA PESERTA UNTUK BERPASANGAN, MASING-MASING MENDAPATKAN SATU BOLA.
Ø
SATU ORANG BERDIRI DI DEPAN, BERPERAN SEBAGAI
PENENTU ARAH DAN PASANGANNYA DI BELAKANGNYA PADA JARAK 2 METER.
Ø
PENENTU
ARAH MULAI MENGGIRING BOLA MENGGUNAKAN BERBAGAI BAGIAN KAKI DENGAN KAKI KANAN
DAN KAKI KIRI KE BERBAGAI ARAH DAN PASANGANNYA MENGIKUTI GERAKAN DENGAN ARAH
YANG SAMA.
Ø
SETELAH
BEBERAPA SAAT LAKUKAN PERGANTIAN POSISI.
Ø
SETELAH
TERPANTAU ADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MAKA,
PESERTA HARUS MENERAPKAN KETERAMPILAN YANG SUDAH DIPELAJARI
DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN PERATURAN YANG DISEDERHANAKAN.
d. AKTIVITAS PEMBELAJARAN 3 (VARIASI DAN
KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING, MENENDANG, DAN MENGHENTIKAN BOLA)
BENTUK-BENTUK
LATIHANNYA SEBAGAI BERIKUT :
Ø
LATIHAN
DILAKUKAN SECARA BERPASANGAN.
Ø
SETIAP
PASANGAN BERDIRI MENGHADAP KE DEPAN DALAM SATU BARISAN.
Ø
TUGAS
1 PESERTA MENGGIRING MENGGUNAKAN KAKI KIRI DAN KANAN SECARA BERGANTIAN MENEMPUH
JARAK SEKITAR 7-10 METER, LALU BOLA DITAHAN MENGGUNAKAN TELAPAK KAKI, KEMUDIAN
BERPUTAR ARAH 180 DERAJAT.
Ø
SETELAH
BADAN MENGHADAP TEMAN, TENDANG BOLA KE ARAHNYA DAN DITAHAN DENGAN TELAPAK KAKI,
KAKI BAGIAN DALAM/LUAR ATAU PUNGGUNG KAKI.
Ø
LAKUKAN
PERMAINAN SECARA BERGANTIAN
Latihan
jenis ini dapat divariasikan dengan bentuk lain seperti, menggiring, memberhentikan,
dan menendang bola dalam formasi segi tiga, setelah beberapa saat diganti segi
empat, garis lurus, atau menyerong. Pola latihan seperti ini akan membuat
peserta didik sangat tertantang dan kemajuan keterampilan mereka agak cepat
tercapai.
e. AKTIVITAS PEMBELAJARAN (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING
DAN MENENDANG KE ARAH SASARAN (GAWANG), ARAH GERAKAN MENGGIRING LURUS)
LANGKAH-LANGKAH LATIHANNYA
SEBAGAI BERIKUT :
ü
TUGASKAN
PESERTA SECARA BERPASANGAN ATAU BERKELOMPOK, SELURUH PESERTA DIDIK TERSEBAR KE
SELURUH KELOMPOK, JIKA SARANA MEMADAI.
ü
SURUH
PESERTA UNTUK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN
BERUPA SEBUAH GAWANG MENGGUNAKAN BENDERA/CONE ATAU SEPATU LEBAR KIRA-KIRA 2
METER.
ü
TEMPATKAN
SEBUAH TANDA MENGGUNAKAN BENDERA/CONE/SEPATU 4-6 METER DI DEPAN GAWANG SEBAGAI
TANDA UNTUK MELAKUKAN TENDANGAN.
ü
SATU
ORANG SEBAGAI PENJAGA GAWANG.
ü
LAKUKAN
GERAKAN MENGGIRING BOLA MENGGUNAKAN KAKI KIRI DAN KANAN DENGAN BERBAGAI BAGIAN
KAKI SAMPAI BATAS UNTUK MELAKUKAN TENDANGAN.
ü
LAKUKAN
GERAKAN MENENDANG MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM.
ü
SETELAH
PESERTA DIDIK MELAKUKAN DENGAN KAKI BAGIAN DALAM SELANJUTNYA LAKUKAN DENGAN
PUNGGUNG KAKI.
ü
DARI
KEDUA JENIS PERKENAAN BOLA DENGAN KAKI, KAKI BAGIAN MANAKAH YANG LEBIH AKURAT
MEMASUKKAN BOLA.
f.
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN (VARIASI DAN KOMBINASI
GERAKAN MENGGIRING DAN MENENDANG KE ARAH SASARAN (GAWANG), DENGAN GERAKAN
MENGGIRING ZIG-ZAG)
LANGKAH-LANGKAH
LATIHANNYA ADALAH :
Ø
PEMBELAJARAN
DILAKUKAN SECARA PERORANGAN, BERPASANGAN, BERKELOMPOK, ATAU FORMASI BERBANJAR.
Ø
TUGASKAN
PESERTA UNTUK MEMBUAT SEBUAH GAWANG MENGGUNAKAN BENDERA/CONE ATAU
SEPATU DENGAN JARAK KIRA-KIRA 2 METER.
Ø
DI
DEPAN GAWANG TERSEBUT TEMPATKAN 4 TANDA/BENDERA, JARAK MASING-MASINGNYA 2 METER
DENGAN POSISI ZIG-ZAG.
Ø
TUGASKAN
PESERTA UNTUK MELAKUKAN GERAKAN
MENGGIRING BOLA LURUS, LALU SAMPAI PADA TANDA/ BENDERA LAKUKAN GERAKAN
MENGGIRING ZIG-ZAG MENGGUNAKAN BERBAGAI BAGIAN KAKI.
Ø
SETELAH
TANDA/BENDERA TERAKHIR LAKUKAN GERAKAN MENENDANG DENGAN KAKI BAGIAN DALAM, LUAR
ATAU PUNGGUNG KAKI KE ARAH GAWANG. PERMAINAN JENIS INI PADA DASARNYA UNTUK
MENINGKAT KECEPATAN (SPEED) PESERTA DIDIK, UNTUK LEBIH MENINGKAT HASILNYA DAPAT
DENGAN MEMPERPENDEK JARAK ZIG-ZAG MENJADI 1 METER DAN MAKIN LAMA MAKIN KECIL.
g.
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN 6 (VARIASI DAN KOMBINASI GERAKAN MENGGIRING, MENAHAN, MENGUMPAN,
DAN MENYUNDUL BOLA)
DENGAN
CARA SEBAGAI BERIKUT.
Ø
AKTIVITAS
PEMBELAJARAN DILAKUKAN SECARA PERORANGAN, BERPASANGAN, BERKELOMPOK, ATAU
FORMASI LINGKARAN.
Ø
LAMBUNGKAN
BOLA KE ATAS DENGAN TANGAN/DICUNGKIL DENGAN UJUNG KAKI.
Ø
SETELAH
BOLA TURUN, TENDANG KEMBALI KE ATAS SECARA PERLAHAN DAN SAAT BOLA TURUN TAHAN
DENGAN KEPALA (SUNDUL), DADA, PAHA, LALU BOLA JATUH KE TANAH DITAHAN DENGAN
KAKI.
Ø
LAKUKAN
DI TEMPAT DAN DILANJUTKAN SAMBIL
BERJALAN/MENGGIRING BOLA.
TINGKAT KESULITAN LATIHAN INI CUKUP TINGGI, UNTUK ITU AGAR PESERTA MUDAH MELAKUKAN LATIHAN INI COBA LAKUKAN
BENTUK LATIHAN SECARA TERPISAH, MISALNYA LATIHAN MENGONTROL BOLA MENGGUNAKAN
PAHA DENGAN CARA MELAMBUNGKAN BOLA DAN
MENAHANNYA DENGAN PAHA, SETELAH ADA
KEMAJUAN DILANJUTKAN DENGAN GERAKAN MENAHAN DENGAN DADA. PERMAINAN JENIS INI
DAPAT JUGA DILAKUKAN SECARA BERPASANGAN, SATU ORANG SEBAGAI PELAMBUNG DAN SATU
ORANG YANG MENAHAN/ MENYUNDUL, PERTAMA LAKUKAN DARI JARAK DEKAT DENGAN DIAM DI
TEMPAT, SETELAH TERAMATI TERDAPAT KEMAJUAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK, MAKA
LAKUKAN LATIHAN GERAK MENYUNDUL INI BERGERAK KE BERBAGAI ARAH (MAJU-MUNDUR, KE
SAMPING KIRI, KE SAMPING KANAN).
SETELAH
MENYIMAK MATERI TERSEBUT, SILAKAN KALIAN JAWAB PERTANYAAN BERIKUT INI.
1. APA YANG KALIAN KETAHUI TENTANG
PERMAINAN SEPAK BOLA?
2. JELASKAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN TEKNIK
DASAR? DAN SEBUTKAN TEKNIK DASAR (AKTIVITAS SPESIFIK) DALAM PERMAINAN SEPAK
BOLA.
3. DARI BEBERAPA BENTUK LATIHAN PADA
MATERI DI ATAS; BENTUK LATIHAN MANA YANG PALING SULIT? APA ALASANNYA?
SELAMAT
MENGERJAKAN!
Komentar
Posting Komentar