SOAL PKn KELAS 8

DOKUMEN NEGARA

NASKAH SOAL
SANGAT RAHASIA

UTAMA


KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN TANGERANG
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran      :    PPKn
Kelas                      :    VIII (Delapan)
Hari/Tanggal          :    Rabu, 20 Mei 2020
Alokasi Waktu        :    90 menit
Dimulai                   :    07.30 WIB
Diakhiri                   :    09.00 WIB

PETUNJUK UMUM
1.    Awali pekerjaan Anda dengan membaca basmallah
2.    Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Penilaian Akhir Tahun (LJPAT) dengan pensil 2B sesuai petunjuk di LJPAT
3.    Isikan jawaban soal ke dalam LJPAT sesuai petunjuk di LJPAT
4.    Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket soal
5.    Jumlah soal sebanyak 45 butir (40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian)
6.    Periksa dan bacalah soal–soal sebelum Anda menjawabnya
7.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
8.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian
9.    Akhiri pekerjaan Anda dengan membaca hamdallah


I.       PILIHAN GANDA

1.      Bangkitnya perlawanan rakyat menghadapi VOC (Belanda) sebelum tahun 1908 secara umum karena ….
A.    tokoh kharismatik seorang raja         C.        semangat juang turunan nenek moyang
B.    gerakan rakyat yang tertindas           D.        keberanian para petani dan pedagang

2.      Semangat juang rakyat selalu dipatahkan oleh VOC. Hal yang bukan penyebab dari kekalahan perlawanan rakyat adalah ….
A.    perlawanan yang tidak terkoordinasi C.        mudah diadu domba
B.    berjuang untuk daerah masing-masing         D.        VOC dibantu oleh tentara Inggris dan Portugis

3.      Kebangkitan Nasional Indonesia ditandai dengan ….
A.    perjuangan R.A. Kartini  C.   lahirnya organisasi Budi Utomo
B.    berdirinya Indische Partij      D.         didirikannya Sekolah Istri oleh Dewi Sartika

4.      Faktor penyebab timbulnya nasionalisme dari pergerakan nasional di nusantara antara lain ….
A.    kemenangan Rusia atas Jerman      C.        kemenangan Perancis atas Belanda
B.    kemenangan Turki atas Rusia           D.        kemenangan Jepang atas Rusia

5.      Pernyataan yang tidak benar berkaitan dengan tokoh organisasi kebangkitan adalah ….
A.    R.T. Tirtokusumo organisasinya SDI
B.    Suwardi Suryaningrat orgnisasinya Taman Siswa
C.   H.O.S. Cokroaminoto organisasinya Sarekat Islam
D.   Dr. Cipto Mangunkusumo organisasinya Indische Partij

6.      Ketika Perang Dunia I mulai terjadi, Budi Utomo di bawah pimpinan Dwidjosewoyo berusaha mengembalikan kekuasaan organisasinya dengan mengusulkan ….
A.    Memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk memperoleh hak pendidikan
B.    Rakyat Indonesia diberikan wajib militer untuk menghadapi intervensi asing
C.   Pembentukan Volksraad (Dewan Rakyat)
D.   Kemerdekaan untuk Negara Indonesia

7.      Tokoh-tokoh sosialis dan liberalis yang turut mempengaruhi kondisi pemerintahan Hindia Belanda kepada Politik Etis adalah sebagai berikut kecuali ….
A.    E. D. Dekker                  C.   T.C. van Deventer
B.    Van Hoevell                   D.   T.S. Rafles

8.      Trilogi Van Deventer yang ditujukan untuk perbaikan daerah jajahan Belanda dikenal dengan ….
A.    Politik Persatean            C.   Politik Etis
B.    Cultuur Stelsel                D.   Politik Propaganda

9.      Isi Politik Etis meliputi tiga hal antara lain sebagai berikut ….
A.    ekspansi, imigrasi, dan irigasi            C.        edukasi, emigrasi, dan irigasi
B.    edukasi, imigrasi, dan irigasi D.         antisipasi, edukasi, dan irigasi

10.   Dwidjosewoyo adalah tokoh organisasi Budi Utomo yang banyak berperan pada periode ….
A.    1908 – 1909                   C.   1913 – 1915
B.    1909 – 1913                   D.   1916 – 1917

11.   Kebangkitan Nasional merupakan ….
A.    Puncak perjuangan bangsa Indonesia
B.    Satu tonggak sejarah pergerakan modern
C.   Jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan
D.   Perintis gerakan perjuangan secara politik

12.   Salah satu organisasi politik murni Indonesia sebenarnya dirintis oleh ….
A.    Sarekat Dagang Islam   C.   Indische Partij
B.    Sekolah Istri                   D.   Budi Utomo

13.   Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Kemenagan Bangsa Jepang atas Rusia pada tahun 1905
(2)  Perjuangan Heroik Jose Rizal dan Dr. Sun Yat Sen
(3)  Cultuur Stelsel menyadarkan bangsa Indonesia atas kekayaan alam yang dimiliki
(4)  Kebangkitan Nasionalisme Asia - Afrika
(5)  Adanya faham-faham baru
Faktor-faktor internal pendorong lahirnya kebangkitan nasionalisme Indonesia adalah ….
A.    1, 2, dan 3                      C.   3 dan 5
B.    2, 3, dan 4                      D.   1, 2, 3, 4, 5

14.   Yang mewujudkan pendirian Budi Utomo antara lain ….
A.    Usulan rakyat yang dikunjungi oleh Dr. Wahidin Soediro hoesodo ketika bertugas
B.    Para tokoh masyarakat di daerah yang menginginkan terbentuknya “dana pelajar” Indonesia
C.   Para pelajar Stovia atas ide Dr. Wahiidin Soedirohoesodo dalam memajukan pendidikan dan martabat bangsa Indonesia
D.   Ide dari Dr. Soetomo dan kekayaan teman-teman pelajarnya di Stovia

15.   Kebangkitan perjuangan pergerakan kebangsaan Indonesia dalam mengusir penjajahan ditandai dengan kelahiran ….
A.    Budi Utomo                    C.   Kongres Pemuda I
B.    Sumpah Pemuda           D.   Kongres Pemuda II

16.   Pola perubahan perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan setelah kebangkitan nasional adalah ….
A.    mengandalkan kekuatan fisik
B.    memperkuat persenjataan
C.   melakukan diplomasi dan pembentukan organisasi modern
D.   kharismatik pemimpin

17.   Hikmah yang dapat diambil dari Kongres Pemuda tahun 1928 adalah ….
A.    kehadiran organisasi kedaerahan
B.    terwujudnya persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia
C.   lahirnya organisasi kepemudaan di Indonesia
D.   dicapainya kemerdekaan bangsa Indonesia




18.   Perhatikan pernyataan berikut ini
(1)  Cinta tanah air dan bangsa
(2)  Menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari
(3)  Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
(4)  Menjaga persatuan dan kesatuan
Sikap yang menunjukkan  semangat sumpah pemuda adalah ….
A.    1, 2, dan 3                      C.   1, 3, dan 4
B.    1, 2, dan 4                      D.   1, 2, 3, dan 4

19.   Kongres Pemuda II selain menghasilkan Ikrar Sumpah Pemuda, diperdengarkan pula lagu ….
A.    Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman
B.    Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan L. Manik
C.   Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marjuki
D.   Bagimu Negeri ciptaan Kusbini

20.   Pelopor Kongres Pemuda Indonesia II di Jakarta tanggal 27 – 28 Oktober 1928 adalah ….
A.    Jong Java dan Pemuda Kaum Betawi          C.        Pemuda Indonesia
B.    Perhimpunan Indonesia D.   Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia

21.   Suasana Kongres Pemuda II berlangsung tegang. Lagu Kebangsaan hanya dapat diperdengarkan melalui alunan biola. Hal tersebut karena banyak Polisi Balanda yang mengawasi dan banyak larangan yang harus ditaati peserta kongres, antara lain seperti berikut ini , kecuali ….
A.    Tidak boleh membicarakan soal-soal poitik
B.    Arak-arakan kepanduan harus dibatalkan
C.   Tidak boleh mendatangkan pemuda pelajar dari daerah-daerah
D.   Pengurus tidak boleh membawa /memasang papan dan spanduk apapun

22.   Peran pelajar dalam mewarisi nilai-nilai kebangsaan antara lain dapat dilakukan dengan ….
A.    Memakai seragam sekolah
B.    Menengok teman yang sedang sakit
C.   Tidak menyontek saat ulangan
D.   Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin dengan khidmat

23.   Berbagai upaya pemerintah kolonial Belanda untuk menghambat laju pergerakan perjuangan bangsa Indonesia terus dilakukan, diantaranya ….
A.    Pengawasan ketat terhadap organisasi/partai politik serta penangkapan terhadap para pemimpinnya
B.    Pengawasan ketat terhadap organisasi/partai politik serta membubarkan organisasinya
C.   Melarang partai-partai politik berkembang
D.   Pengawasan terhadap organisasi atau partai politik dan untuk dibubarkan

24.   Pada tanggal 23 September 1927, empat orang pemimpin “ Perhimpunan Indonesia” di Den Haag, Belanda ) yaitu Muhammad Hatta, Abdul Madjid Djojodiningrat, Ali Sastroamidjojo, dan Nazir Datuk Pamuntjak, ditangkap dan dipenjarakan di Negeri Belanda.mereka dituduh menghasut rakyat Indonesia untuk memberontak melalui tulisan-tulisan yang dimuat di majalah ….
A.    Indonesia Raya              C.   Indonesia Merdeka
B.    Pikiran Rakyat               D.   Indonesia Jaya

25.   Ikrar Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat erat dan penting dalam membangun ….
A.    oleransi, kebersamaan, dan gotong-royong rakyat Indonesia
B.    Perjuangan fisik bangsa Indonesia di pelosok daerah
C.   Sifat-sifat kedaerahan yang kental dan khas
D.   Perjuangan sporadis

26.   Peserta Kongres Pemuda II berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu. Salah satu wakil dari organisasi pemuda  adalah …
A.    Muhammad Yamin dari Jong Celebes
B.    Johanes Leimena dari Jong Java
C.   Amir Sjarifuddin dari Jong Batak Bond
D.   R.M. Djoko  Marsaid dari Jong Islamieten Bond

27.   Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 digambarkan dalam lagu ….
A.    Indonesia Pusaka          C.   Bagimu Negeri
B.    Indonesia Raya              D.   Satu Nusa Satu Bangsa


28.   Ketua PPPI sekaligus Ketua Panitia Kongres Pemuda Kedua adalah ….
A.    Muhammad Yamin        C.   Johanes Leimena
B.    Soegondo Djojopuspito  D.   R.M. Djoko Marsaid

29.   Dalam pasal 30 ayat (1), dan (2) UUD 1945 dinyatakan bahwa, tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam ….
A.    Usaha pertahanan dan keamanan Negara   C.        Membangun negara
B.    Pembelaan Negara        D.   Mengusir penjajah

30.   Bentuk kesetiaan seorang siswa terhadap kecintaannya terhadap bangsa dan Negara antara lain dapat dilakukan dengan ….
A.    belajar sebaik-baiknya   C.   mengendarai motor tanpa helm
B.    bermain sebebas-bebasnya D.         mengikuti kegiatan kelompok

31.   Sekelompok manusia atau orang-orang yang memiliki cita-cita bersama, perasaan senasib sepenanggungan, memiliki karakter, adat dan budaya yang sama dan mengikat menjadi satu kesatuan dalam suatu wilayah hukum yang terorganisir disebut ….
A.    suku                               C.   masyarakat
B.    bangsa                           D.   adat istiadat

32.   Faktor-faktor yang menjadi pembentuk indentitas bangsa Indonesia dalam rangka memperkuat NKRI antara lain seperti berikut, kecuali ….
A.    primordial, sakral, tokoh
B.    Bhineka Tunggal Ika
C.   konsep sejarah, perkembangan ekonomi, dan kelembagaan
D.   penduduk yang besar

33.   Faktor-faktor primordial yang dapat membentuk bangsa dan Negara Indonesia antara lain berupa ikatan kekerabatan yang menyatukan keragaman suku bangsa, daerah, bahasa, adat istiadat. Primordial ini tidak hanya menyamakan pola perilaku anggota masyarakatnya, tetapi melahirkan ….
A.    persepsi tentang masyarakat Negara Indonesia yang dicita-citakan
B.    kepentingan golongan
C.   perpecahan antar kelompok masyarakat
D.   memperkuat ikatan kedaerahan

34.   Perhatikan tokoh-tokoh berikut ini beserta peranannya dalam perjuangan Indonesia
(1)  Ir. Soekarno pendiri PNI, tokoh proklamator dan Presiden I Republik Indonesia
(2)  Muhammad Hatta tokoh perhimpunan Indonesia dan Proklamator RI
(3)  Jenderal Sudirman pemimpin pertempuran Ambarawa dan perang gerilya
(4)  Jenderal Suharto tokoh serangan umum 1 Maret dan merebut Irian Jaya
(5)  W.R. Supratman pencipta lagu kebangsaan dan tokoh kongres pemuda II
Tokoh kharismatik pada masa perang kemerdekaan Indonesia adalah ….
A.    1, 2, 3, dan 4                  C.   2, 3, 4, dan 5
B.    1, 2, 4, dan 5                  D.   1, 3, 4, dan 5

35.   Simbol-simbol yang menjadi dasar penyamaan persepsi dan alat pemersatu bangsa adalah ….
A.    Bendera Negara, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan
B.    Lagu-lagu daerah dan bahasa daerah
C.   Kekayaan budaya bangsa yang beraneka ragam
D.   Panji-panji kebesaran yang dimiliki daerah

36.   Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa dan terikat pada identitas kelompok-kelompok suku bangsanya. Mereka menunjukkan loyalitasnya untuk hidup kebersamaan di bawah suatu pemerintahan sah yaitu NKRI. Mereka sepakat hidup bersama sebagai bangsa Indonesia berdasarkan kerangka politik dan prosedur hukum yang berlaku. Hal ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu ….
A.    Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh          C.        Indonesia Tanah Airku yang Satu
B.    Bhineka Tunggal Ika      D.   Rawe-rawe Rantas Malang-malang Tuntas

37.   Kegiatan yang menunjukkan ciri-ciri dari semangat patriotisme adalah ….
A.    antri berbaris mendapatkan giliran    C.        menolong teman yang kesusahan
B.    berkelahi dengan sesama teman      D.        jualan makanan disekolah

38.   Nasionalisme berasal dari kata “nasional” dan “isme” yang artinya paham kebangsaan yang meletakkan ….
A.    Hak-haknya sehingga segala pikiran, tenaga, sikap dan perbuatannya dicurahkan demi kemajuan, kehormatan, dan kejayaan diri dan Negara
B.    Kesetiaan tertinggi terhadap bangsa dan negaranya demi kemajuan, kehormatan, dan kejayaan daerahnya
C.   Kesetiaan tertinggi terhadap bangsa dan negaranya, sehingga segala pikiran, tenaga, sikap, dan perbuatannya dicurahkan demi kemajuan, kehormatan, dan kejayaan bangsa dan negaranya
D.   Kesetiaan tertinggi terhadap bangsa dan negaranya, agar Negara mau bersikap dan bertindak demi kemajuan, kehormatan dan kejayaan kelompoknya

39.   Paham kebangsaan yang mengagungkan bangsanya sendiri dan tidak menghargai bangsa lain. Bahkan apa yang dianggap menguntungkan bangsanya sendiri dianggap sebagai haknya, selalu dianggap benar dan wajar, tanpa peduli terhadap hak-hak bangsa lain yang terinjak-injak. Paham kebangsaan semacam itu disebut ….
A.    liberlisme                        C.   egoisme
B.    primordialisme               D.   chauvinisme

40.   Sikap kita terhadap bangsa-bangsa di dunia seharusnya adalah ….
A.    Merasa lebih tinggi dari bangsa lain
B.    Merasa lebih rendah dari bangsa lain
C.   Saling menghormati dan meletakkan harkat dan martabat yang sama
D.   Menjalin kerja sama yang menguntungkan Indonesia

II.    URAIAN

41.   Jelaskan perbedaan perjuangan melawan Kolonial Balanda sebelum tahun 1908 dengan sesudah tahun 1908 !
42.   Jelaskan tentang Trilogi Van Deventer !
43.   Sebutkan Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 !
44.   Jelaskan makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan bangsa Indonesia !
45.   Jelaskan tentang landasan hukum Indonesia sebagai Negara kesatuan !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI FIQIOH KELAS 8 : SUJUD SYUKUR, SUJUD SAHWI, DAN SUJUD TILAWAH

BAHASA ARAB KELAS 7 "MATERI 'AMILUNA FI MADROSATI"