SOAL PKn KELAS 8
DOKUMEN
NEGARA
|
|
NASKAH
SOAL
|
SANGAT
RAHASIA
|
|
UTAMA
|
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN TANGERANG
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas :
VIII (Delapan)
Hari/Tanggal : Rabu, 20 Mei 2020
Alokasi Waktu : 90 menit
Dimulai :
07.30 WIB
Diakhiri :
09.00 WIB
|
PETUNJUK UMUM
|
1. Awali pekerjaan Anda dengan membaca basmallah
2. Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Penilaian Akhir Tahun (LJPAT) dengan pensil 2B sesuai petunjuk di LJPAT
3. Isikan jawaban soal ke dalam LJPAT sesuai petunjuk di LJPAT
4. Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket soal
5. Jumlah soal sebanyak 45 butir (40 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian)
6. Periksa dan bacalah soal–soal sebelum Anda menjawabnya
7. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar
soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas
ujian
9. Akhiri pekerjaan Anda dengan membaca hamdallah
|
I.
PILIHAN
GANDA
1.
Bangkitnya perlawanan rakyat menghadapi VOC (Belanda)
sebelum tahun 1908 secara umum karena ….
A.
tokoh kharismatik seorang raja C. semangat
juang turunan nenek moyang
B.
gerakan rakyat yang tertindas D. keberanian
para petani dan pedagang
2.
Semangat juang rakyat selalu dipatahkan oleh VOC. Hal
yang bukan penyebab dari kekalahan perlawanan rakyat adalah ….
A.
perlawanan yang tidak terkoordinasi C. mudah
diadu domba
B.
berjuang untuk daerah masing-masing D. VOC
dibantu oleh tentara Inggris dan Portugis
3.
Kebangkitan Nasional Indonesia ditandai dengan ….
A.
perjuangan R.A. Kartini C. lahirnya organisasi Budi
Utomo
B.
berdirinya Indische Partij D. didirikannya
Sekolah Istri oleh Dewi Sartika
4.
Faktor penyebab timbulnya nasionalisme dari pergerakan
nasional di nusantara antara lain ….
A.
kemenangan Rusia atas Jerman C. kemenangan
Perancis atas Belanda
B.
kemenangan Turki atas Rusia D. kemenangan
Jepang atas Rusia
5.
Pernyataan yang tidak benar berkaitan dengan tokoh
organisasi kebangkitan adalah ….
A.
R.T. Tirtokusumo organisasinya SDI
B.
Suwardi Suryaningrat orgnisasinya Taman Siswa
C.
H.O.S. Cokroaminoto organisasinya Sarekat Islam
D.
Dr. Cipto Mangunkusumo organisasinya Indische Partij
6.
Ketika Perang Dunia I mulai terjadi, Budi Utomo di
bawah pimpinan Dwidjosewoyo berusaha mengembalikan kekuasaan organisasinya
dengan mengusulkan ….
A.
Memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk memperoleh
hak pendidikan
B.
Rakyat Indonesia diberikan wajib militer untuk
menghadapi intervensi asing
C.
Pembentukan Volksraad (Dewan Rakyat)
D.
Kemerdekaan untuk Negara Indonesia
7.
Tokoh-tokoh sosialis dan liberalis yang turut mempengaruhi
kondisi pemerintahan Hindia Belanda kepada Politik Etis adalah sebagai berikut
kecuali ….
A.
E. D. Dekker C. T.C. van Deventer
B.
Van Hoevell D. T.S. Rafles
8.
Trilogi Van Deventer yang ditujukan untuk perbaikan
daerah jajahan Belanda dikenal dengan ….
A.
Politik Persatean C. Politik Etis
B.
Cultuur Stelsel D. Politik Propaganda
9.
Isi Politik Etis meliputi tiga hal antara lain sebagai
berikut ….
A.
ekspansi, imigrasi, dan irigasi C. edukasi,
emigrasi, dan irigasi
B.
edukasi, imigrasi, dan irigasi D. antisipasi, edukasi,
dan irigasi
10.
Dwidjosewoyo adalah tokoh organisasi Budi Utomo yang
banyak berperan pada periode ….
A.
1908 – 1909 C. 1913 – 1915
B.
1909 – 1913 D. 1916 – 1917
11.
Kebangkitan Nasional merupakan ….
A.
Puncak perjuangan bangsa Indonesia
B.
Satu tonggak sejarah pergerakan modern
C.
Jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mengisi
kemerdekaan
D.
Perintis gerakan perjuangan secara politik
12.
Salah satu organisasi politik murni Indonesia
sebenarnya dirintis oleh ….
A.
Sarekat Dagang Islam C. Indische Partij
B.
Sekolah Istri D. Budi Utomo
13.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Kemenagan Bangsa
Jepang atas Rusia pada tahun 1905
(2) Perjuangan Heroik
Jose Rizal dan Dr. Sun Yat Sen
(3) Cultuur Stelsel
menyadarkan bangsa Indonesia atas kekayaan alam yang dimiliki
(4) Kebangkitan
Nasionalisme Asia - Afrika
(5) Adanya faham-faham
baru
Faktor-faktor internal pendorong lahirnya
kebangkitan nasionalisme Indonesia adalah ….
A.
1, 2, dan 3 C. 3 dan 5
B.
2, 3, dan 4 D. 1, 2, 3, 4, 5
14.
Yang mewujudkan pendirian Budi Utomo antara lain ….
A.
Usulan rakyat yang dikunjungi oleh Dr. Wahidin Soediro
hoesodo ketika bertugas
B.
Para tokoh masyarakat di daerah yang menginginkan
terbentuknya “dana pelajar” Indonesia
C.
Para pelajar Stovia atas ide Dr. Wahiidin
Soedirohoesodo dalam memajukan pendidikan dan martabat bangsa Indonesia
D.
Ide dari Dr. Soetomo dan kekayaan teman-teman
pelajarnya di Stovia
15.
Kebangkitan perjuangan pergerakan kebangsaan Indonesia
dalam mengusir penjajahan ditandai dengan kelahiran ….
A.
Budi Utomo C. Kongres Pemuda I
B.
Sumpah Pemuda D. Kongres Pemuda II
16.
Pola perubahan perjuangan bangsa Indonesia untuk
memperoleh kemerdekaan setelah kebangkitan nasional adalah ….
A.
mengandalkan kekuatan fisik
B.
memperkuat persenjataan
C.
melakukan diplomasi dan pembentukan organisasi modern
D.
kharismatik pemimpin
17.
Hikmah yang dapat diambil dari Kongres Pemuda tahun
1928 adalah ….
A.
kehadiran organisasi kedaerahan
B.
terwujudnya persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia
C.
lahirnya organisasi kepemudaan di Indonesia
D.
dicapainya kemerdekaan bangsa Indonesia
18.
Perhatikan pernyataan berikut ini
(1) Cinta tanah air dan
bangsa
(2) Menggunakan Bahasa
Inggris dalam kehidupan sehari-hari
(3) Menggunakan Bahasa
Indonesia dengan baik dan benar
(4) Menjaga persatuan dan
kesatuan
Sikap yang menunjukkan semangat sumpah pemuda adalah ….
A.
1, 2, dan 3 C. 1, 3, dan 4
B.
1, 2, dan 4 D. 1, 2, 3, dan 4
19.
Kongres Pemuda II selain menghasilkan Ikrar Sumpah
Pemuda, diperdengarkan pula lagu ….
A.
Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman
B.
Satu Nusa Satu Bangsa ciptaan L. Manik
C.
Indonesia Pusaka ciptaan Ismail Marjuki
D.
Bagimu Negeri ciptaan Kusbini
20.
Pelopor Kongres Pemuda Indonesia II di Jakarta tanggal
27 – 28 Oktober 1928 adalah ….
A.
Jong Java dan Pemuda Kaum Betawi C. Pemuda
Indonesia
B.
Perhimpunan Indonesia D. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia
21.
Suasana Kongres Pemuda II berlangsung tegang. Lagu
Kebangsaan hanya dapat diperdengarkan melalui alunan biola. Hal tersebut karena
banyak Polisi Balanda yang mengawasi dan banyak larangan yang harus ditaati
peserta kongres, antara lain seperti berikut ini , kecuali ….
A.
Tidak boleh membicarakan soal-soal poitik
B.
Arak-arakan kepanduan harus dibatalkan
C.
Tidak boleh mendatangkan pemuda pelajar dari
daerah-daerah
D.
Pengurus tidak boleh membawa /memasang papan dan
spanduk apapun
22.
Peran pelajar dalam mewarisi nilai-nilai kebangsaan
antara lain dapat dilakukan dengan ….
A.
Memakai seragam sekolah
B.
Menengok teman yang sedang sakit
C.
Tidak menyontek saat ulangan
D.
Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin dengan
khidmat
23.
Berbagai upaya pemerintah kolonial Belanda untuk
menghambat laju pergerakan perjuangan bangsa Indonesia terus dilakukan,
diantaranya ….
A.
Pengawasan ketat terhadap organisasi/partai politik
serta penangkapan terhadap para pemimpinnya
B.
Pengawasan ketat terhadap organisasi/partai politik
serta membubarkan organisasinya
C.
Melarang partai-partai politik berkembang
D.
Pengawasan terhadap organisasi atau partai politik dan
untuk dibubarkan
24.
Pada tanggal 23 September 1927, empat orang pemimpin “
Perhimpunan Indonesia” di Den Haag, Belanda ) yaitu Muhammad Hatta, Abdul
Madjid Djojodiningrat, Ali Sastroamidjojo, dan Nazir Datuk Pamuntjak, ditangkap
dan dipenjarakan di Negeri Belanda.mereka dituduh menghasut rakyat Indonesia
untuk memberontak melalui tulisan-tulisan yang dimuat di majalah ….
A.
Indonesia Raya C. Indonesia Merdeka
B.
Pikiran Rakyat D. Indonesia Jaya
25.
Ikrar Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat erat
dan penting dalam membangun ….
A.
oleransi, kebersamaan, dan gotong-royong rakyat
Indonesia
B.
Perjuangan fisik bangsa Indonesia di pelosok daerah
C.
Sifat-sifat kedaerahan yang kental dan khas
D.
Perjuangan sporadis
26.
Peserta Kongres Pemuda II berasal dari berbagai wakil
organisasi pemuda yang ada pada waktu itu. Salah satu wakil dari organisasi
pemuda adalah …
A.
Muhammad Yamin dari Jong Celebes
B.
Johanes Leimena dari Jong Java
C.
Amir Sjarifuddin dari Jong Batak Bond
D.
R.M. Djoko
Marsaid dari Jong Islamieten Bond
27.
Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 digambarkan dalam
lagu ….
A.
Indonesia Pusaka C. Bagimu Negeri
B.
Indonesia Raya D. Satu Nusa Satu Bangsa
28.
Ketua PPPI sekaligus Ketua Panitia Kongres Pemuda
Kedua adalah ….
A.
Muhammad Yamin C. Johanes Leimena
B.
Soegondo Djojopuspito D. R.M. Djoko Marsaid
29.
Dalam pasal 30 ayat (1), dan (2) UUD 1945 dinyatakan
bahwa, tiap-tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam ….
A.
Usaha pertahanan dan keamanan Negara C. Membangun
negara
B.
Pembelaan Negara D. Mengusir penjajah
30.
Bentuk kesetiaan seorang siswa terhadap kecintaannya
terhadap bangsa dan Negara antara lain dapat dilakukan dengan ….
A.
belajar sebaik-baiknya C. mengendarai motor tanpa helm
B.
bermain sebebas-bebasnya D. mengikuti kegiatan
kelompok
31.
Sekelompok manusia atau orang-orang yang memiliki
cita-cita bersama, perasaan senasib sepenanggungan, memiliki karakter, adat dan
budaya yang sama dan mengikat menjadi satu kesatuan dalam suatu wilayah hukum
yang terorganisir disebut ….
A.
suku C. masyarakat
B.
bangsa D. adat istiadat
32.
Faktor-faktor yang menjadi pembentuk indentitas bangsa
Indonesia dalam rangka memperkuat NKRI antara lain seperti berikut, kecuali ….
A.
primordial, sakral, tokoh
B.
Bhineka Tunggal Ika
C.
konsep sejarah, perkembangan ekonomi, dan kelembagaan
D.
penduduk yang besar
33.
Faktor-faktor primordial yang dapat membentuk bangsa
dan Negara Indonesia antara lain berupa ikatan kekerabatan yang menyatukan
keragaman suku bangsa, daerah, bahasa, adat istiadat. Primordial ini tidak
hanya menyamakan pola perilaku anggota masyarakatnya, tetapi melahirkan ….
A.
persepsi tentang masyarakat Negara Indonesia yang
dicita-citakan
B.
kepentingan golongan
C.
perpecahan antar kelompok masyarakat
D.
memperkuat ikatan kedaerahan
34.
Perhatikan tokoh-tokoh berikut ini beserta peranannya
dalam perjuangan Indonesia
(1) Ir. Soekarno pendiri
PNI, tokoh proklamator dan Presiden I Republik Indonesia
(2) Muhammad Hatta tokoh
perhimpunan Indonesia dan Proklamator RI
(3) Jenderal Sudirman
pemimpin pertempuran Ambarawa dan perang gerilya
(4) Jenderal Suharto
tokoh serangan umum 1 Maret dan merebut Irian Jaya
(5) W.R. Supratman
pencipta lagu kebangsaan dan tokoh kongres pemuda II
Tokoh kharismatik pada masa perang kemerdekaan
Indonesia adalah ….
A.
1, 2, 3, dan 4 C. 2, 3, 4, dan 5
B.
1, 2, 4, dan 5 D. 1, 3, 4, dan 5
35.
Simbol-simbol yang menjadi dasar penyamaan persepsi
dan alat pemersatu bangsa adalah ….
A.
Bendera Negara, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan
B.
Lagu-lagu daerah dan bahasa daerah
C.
Kekayaan budaya bangsa yang beraneka ragam
D.
Panji-panji kebesaran yang dimiliki daerah
36.
Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa dan
terikat pada identitas kelompok-kelompok suku bangsanya. Mereka menunjukkan
loyalitasnya untuk hidup kebersamaan di bawah suatu pemerintahan sah yaitu
NKRI. Mereka sepakat hidup bersama sebagai bangsa Indonesia berdasarkan
kerangka politik dan prosedur hukum yang berlaku. Hal ini sesuai dengan
semboyan bangsa Indonesia, yaitu ….
A.
Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh C. Indonesia
Tanah Airku yang Satu
B.
Bhineka Tunggal Ika D. Rawe-rawe Rantas Malang-malang Tuntas
37.
Kegiatan yang menunjukkan ciri-ciri dari semangat
patriotisme adalah ….
A.
antri berbaris mendapatkan giliran C. menolong
teman yang kesusahan
B.
berkelahi dengan sesama teman D. jualan makanan
disekolah
38.
Nasionalisme berasal dari kata “nasional” dan “isme”
yang artinya paham kebangsaan yang meletakkan ….
A.
Hak-haknya sehingga segala pikiran, tenaga, sikap dan
perbuatannya dicurahkan demi kemajuan, kehormatan, dan kejayaan diri dan Negara
B.
Kesetiaan tertinggi terhadap bangsa dan negaranya demi
kemajuan, kehormatan, dan kejayaan daerahnya
C.
Kesetiaan tertinggi terhadap bangsa dan negaranya,
sehingga segala pikiran, tenaga, sikap, dan perbuatannya dicurahkan demi
kemajuan, kehormatan, dan kejayaan bangsa dan negaranya
D.
Kesetiaan tertinggi terhadap bangsa dan negaranya,
agar Negara mau bersikap dan bertindak demi kemajuan, kehormatan dan kejayaan
kelompoknya
39.
Paham kebangsaan yang mengagungkan bangsanya sendiri
dan tidak menghargai bangsa lain. Bahkan apa yang dianggap menguntungkan
bangsanya sendiri dianggap sebagai haknya, selalu dianggap benar dan wajar,
tanpa peduli terhadap hak-hak bangsa lain yang terinjak-injak. Paham kebangsaan
semacam itu disebut ….
A.
liberlisme C. egoisme
B.
primordialisme D. chauvinisme
40.
Sikap kita terhadap bangsa-bangsa di dunia seharusnya
adalah ….
A.
Merasa lebih tinggi dari bangsa lain
B.
Merasa lebih rendah dari bangsa lain
C.
Saling menghormati dan meletakkan harkat dan martabat
yang sama
D.
Menjalin kerja sama yang menguntungkan Indonesia
II.
URAIAN
41.
Jelaskan perbedaan perjuangan melawan Kolonial Balanda
sebelum tahun 1908 dengan sesudah tahun 1908 !
42.
Jelaskan tentang Trilogi Van Deventer !
43.
Sebutkan Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 !
44.
Jelaskan makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan bangsa
Indonesia !
45.
Jelaskan tentang landasan hukum Indonesia sebagai
Negara kesatuan !
Komentar
Posting Komentar