SOAL PKn KELAS 7
DOKUMEN NEGARA
|
|
NASKAH
SOAL
|
SANGAT RAHASIA
|
|
UTAMA
|
KEMENTERIAN
AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH
TSANAWIYAH KABUPATEN TANGERANG
PENILAIAN
AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
LEMBAR
SOAL
Mata
Pelajaran : PPKn
Kelas : VII (Tujuh)
Hari/Tanggal : Rabu,
20 Mei 2020
Alokasi Waktu : 90
menit
Dimulai : 07.30 WIB
Diakhiri : 09.00 WIB
|
PETUNJUK
UMUM
|
1.
Awali pekerjaan Anda dengan membaca basmallah
2.
Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban
Penilaian Akhir Tahun (LJPAT) dengan pensil 2B sesuai petunjuk
di LJPAT
3.
Isikan jawaban soal ke dalam LJPAT sesuai petunjuk di LJPAT
4.
Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket soal
5.
Jumlah soal sebanyak 45 butir (40 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian)
6.
Periksa dan bacalah soal–soal sebelum Anda menjawabnya
7.
Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar
soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
8.
Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada
pengawas ujian
9.
Akhiri pekerjaan Anda dengan membaca hamdallah
|
I.
PILIHAN
GANDA
1. Negara Indonesia
bisa mempersatukan berbagai keragaman sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal
Ika yang artinya berbeda–beda tapi tetap satu juga. Keragaman dapat diartikan ....
A. makhluk
yang beraneka ragam merupakan ciptaan Allah SWT untuk kebutuhan manusia
B. suatu
kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang
C. keanekaragaman
suku bangsa, budaya, agama
dan bahasa di suatu negara
D. keanekaragaman
hayati dan non hayati di berbagai
negara
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) sejarah penyebaran ras di dunia (3) perbedaan
mata pencaharian
(2) kondisi negara kepulauan (4) kondisi
geografis wilayah Indonesia
Faktor
penyebab keberagaman ras adalah ….
A. (2) dan (3) C. (1) dan (4)
B. (1) dan (2) D. (3) dan (4)
3. Keberagaman yang
ada pada masyarakat bisa menjadi kekayaan bangsa Indonesia dan potensi bangsa.
Namun, keberagaman juga menjadi tantangan hal itu disebabkan karena ….
A. perbedaan
pendapat bisa lepas kendali C. menuju
perjuangan Indonesia
B. menuju
perbedaan pendapat Indonesia D. menuju Indonesia yang barokah
4. Menghargai
keberagaman suku bangsa merupakan perwujudan Pancasila, terutama sila ....
A. Ketuhanan
Yang Maha Esa C. Persatuan
Indonesia
B. Kemanusiaan
yang adil dan beradab D. Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
5. Keberagaman suku
bangsa, agama, ras dan antargolongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat
berharga, meskipun berbeda-beda kita tetap merupakan satu kesatuan.
Dampak positif keberagaman tersebut
bagi bangsa Indonesia adalah ....
A. mempermudah
masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita nasional
B.
menjadikan bangsa yang
dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
C.
sebagai salah satu unsur
yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme
D.
menunjukkan luas dan
kayanya unsur-unsur yang dimiliki bangsa Indonesia
6.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menghormati ajaran
agama yang diyakini orang lain
(2) Melaksanakan ajaran
agama yang diyakininya dengan baik
(3) Memaksa kepada orang
lain untuk menyakini ajaran agama yang kita anut
(4) Mengembangkan hidup
rukun dan toleran terhadap orang yang berbeda agama
Sikap perilaku yang harus dikembangkan dalam
keberagaman agama ditunjukkan pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)
B. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
7. Sikap
masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar
masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Ada
masyarakat yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat
perkotaan. Namun ada juga sebagian masyarakat tetap bertahan pada
budaya sendiri.
Gambaran tersebut merupakan penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dari segi ….
A. keadaan transportasi dan komunikasi C. penerimaan masyarakat
terhadap perubahan
B. letak strategis wilayah Indonesia D. perbedaan
kondisi alam
8. Keberagaman agama di Indonesia ditandai dengan adanya
6 agama yang diakui oleh pemerintah. Keberagaman tersebut tidak boleh menjadi
penghalang bagi rakyat untuk saling bekerjasama dan bergaul. Sikap yang menjadi
penghalang terwujudnya kerukunan umat beragama adalah ….
A. menaati ajaran agama yang diyakininya
B. menganggap ajaran agamanya yang paling benar
C. sikap toleran dan hormat menghormati antar pemeluk
agama
D. bekerja sama antarpemeluk agama serta kepercayaan yang
berbeda–beda
9. Kemajemukan bangsa Indonesia ditunjukkan
pula oleh perbedaan RAS. Hal ini dapat kita tandai dengan ….
A. agama C. bahasa
B. budaya D. ciri – ciri fisik
10. Masyarakat Indonesia ditakdirkan oleh Allah terdiri
dari beragam ras. Untuk itu sebagai bangsa Indonesia kita harus menjunjung
tinggi harkat dan martabat manusia tanpa membeda-bedakan ras.
Sikap ini sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila terutama sila ….
A. Ketuhanan
Yang Maha Esa C. Persatuan
Indonesia
B. Kemanusiaan
yang adil dan beradab D. Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
11. Semboyan Bhinneka
Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh Mpu Tantular dalam sebuah
buku yang berjudul ….
A. Nagarakertagama C. Sutasoma
B. Sundayana D. Pararaton
12. Keragaman suku bangsa merupakan modal utama ….
A. mengusulkan pemekaran wilayah C. mempererat
semangat suku bangsa
B. mengembangkan semangat kesukuan D. mempertahankan
keutuhan NKRI
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Primordialisme
(2) Toleransi
(3) Etnosentrisme
(4) Diskriminatif
Untuk
membangun masyarakat beraneka ragam yang rukun dan bersatu ada beberapa nilai
yang harus
dihindari yaitu ….
A. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)
B. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
14. Keberagaman suku bangsa di Indonesia harus dimaknai
sebagai ….
A. kekayaan bangsa C. perpecahan bangsa
B. kelemahan negara D. kemunduran negara
15. Tindakan yang
sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” dalam
pergaulan sehari–hari adalah ....
A. berteman
dengan siapa saja tanpa membeda–bedakan suku
B. membatasi pergaulan sesuai dengan kepentingan sendiri
C. tidak
berteman dengan yang berbeda ras
D. berteman
dengan teman yang sebaya saja
16. Contoh kegiatan yang dilakukan dengan prinsip kerjasama di lingkungan madrasah
adalah ....
A. membuang sampah
pada tempatnya C. mengerjakan
ulangan harian
B. melaksanakan
tugas piket D. jajan
di kantin
17. Perhatikan ilustrasi
berikut!
Siregar
pindah rumah dari Medan ke Lampung. Sekarang Siregar tinggal satu kompleks
perumahan dengan Anto. Anto merupakan penduduk asli Lampung meskipun berbeda
suku Anto dan Siregar berteman baik. Suatu malam, musibah menimpa keluarga
Siregar, rumahnya mengalami kebakaran. Sebagai tetangga dan teman yang baik Anto
memiliki kewajiban ….
A. mencari penyebab kebakaran dan menghitung kerugian
yang diderita
B. mencari berita tentang musibah yang sedang terjadi
C. menanyakan suku bangsanya dan menolongnya
D. meringankan beban yang diderita Siregar
18. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara
yang berdaulat
karena ....
A. Indonesia
mencintai perdamaian dan keadilan
B. mendapat
pengakuan dari dunia internasional
C. kaya
akan keaneka ragaman budaya dan bahasa
D. gigih
mempertahankan tanah air dari kaum penjajah
19. Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai
melalui upaya pembangunan nasional tercantum dalam ….
A. Pembukaan UUD 1945 alinea keempat C. UUD
1945 pasal 23A
B. TAP MPR Nomor 14 Tahun 1945 D. UUD 1945 pasal 30
ayat 2
20. Jika kerjasama antarumat beragama terwujud dengan baik
akan tercipta ….
A. keseragaman agama C. ketahanan nasional yang mantap
B. perpaduan ajaran agama D. keindahan dan kebersihan lingkungan
21. Perhatikan pernyataan di
bawah ini!
(1) Melindungi bangsa dari ancaman dan gangguan
(2) Mempertahankan kedaulatan negara
(3) Memperkuat kedudukan militer
(4) Menjaga keutuhan wilayah
Tujuan
kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (3), dan (4) C. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4) D. (1), (2), dan (4)
22. Kerjasama antar umat beragama dalam berbagai bidang
kehidupan dilakukan untuk mewujudkan kerukunan hidup diatur dalam UUD 1945
yaitu ….
A. pasal 29 ayat 2 C. pasal 27 ayat 2
B. pasal 28 ayat 2 D. pasal 26 ayat 2
23. Kerjasama dalam kehidupan ekonomi untuk kesejahteraan
dan kemakmuran rakyat diatur dalam UUD 1945 yaitu ….
A. pasal 32 ayat 1 C. pasal 34 ayat 1
B. pasal 33 ayat 1 D. pasal 35 ayat 1
24. Prinsip kerjasama dalam kegiatan ekonomi diatur dalam
UUD 1945 yang menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan
asas ….
A. efektif dan efesiensi C. kekeluargaan
B. usaha bersama D. manfaat
25. Musyawarah dalam mengambil keputusan merupakan
kerjasama di bidang sosial politik sesuai dengan Pancasila yaitu sila ….
A. pertama C. ketiga
B. kedua D. keempat
26. Perhatikan pernyataan
berikut!
(1) Mempererat rasa kekeluargaan antarsesama
(2) Menghindari adanya perbedaan di masyarakat
(3) Menyelesaikan masalah secara bersama–sama
(4) Menghilangkan hubungan saling ketergantungan
Tujuan
gotong royong ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1) dan (3) C. (2) dan (4)
B. (1) dan (2) D. (3) dan (4)
27. Contoh kerjasama di lingkungan keluarga adalah ….
A. mengerjakan tugas makalah di rumah C. mengadakan
belajar kelompok
B. membantu orang tua menjaga adik D. melaksanakan
kegiatan ronda
28. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara kita harus memlihara dan membina kerukunan hidup antarumat beragama dengan
cara ….
A. melaksanakan ibadah bersama umat pemeluk agama lain
B. belajar bediskusi tentang masalah masalah agama lain
C. menghormati orang lain yang melaksanakan ibadah
D. menghadiri upacara ibadah umat agama lain
29. Para pemuda yang mendengar bahwa Jepang telah menyerah
kepada sekutu segera mendesak Soekarno dan Moh. Hatta untuk ….
A. memberontak kepada sekutu C. menolong
Jepang dari kekelahan
B. menyerah kepada sekutu juga D. memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
30. Latar belakang
permasalahan terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah ....
A. pertentangan
para pemuda dengan golongan tua tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
B. pada saat itu
Jepang telah menjanjikan dan
mempersiapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
C. para
pemuda ingin memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia di Rengasdengklok
D. pertentangan
antara pihak Jepang dengan pihak Sekutu tentang persiapan kemerdekaan
31.
Makna penting Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi bangsa Indonesia adalah ....
A.
berakhirnya perjuangan
bangsa Indonesia
B.
terwujudnya masyarakat
adil dan makmur
C.
putusnya hubungan dengan
bekas negara penjajah
D.
mulai menata kehidupan
berbangsa yang lebih baik
32. Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik
tertinggi Bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti hukum
nasional, yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Makna
proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia tersebut ditinjau dari aspek ….
A. sosiologis C. historis
B. kultural D. hukum
33.
Pengakuan dari negara lain merupakan unsur deklaratif
dalam suatu negara. Adapun pengakuan dari negara lain dibedakan menjadi dua,
yaitu pengakuan secara de facto
dan de jure. Pengakuan de facto diberikan apabila suatu
negara baru sudah memenuhi unsur ….
A.
konstitutif C. deklaraif
B.
demokrasi D. de jure
34. “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbetuk
Republik Indonesia”. Pernyataan tersebut terdapat dalam UUD 1945 yaitu ….
A. pasal 1 ayat 2 C. pasal 2 ayat 1
B. pasal 1 ayat 1 D. pasal 2 ayat 2
35. Sikap pahlawan yang bisa kita teladani yaitu ….
A. melakukan pemberontakan C. cinta negara lain
B. menghianati bangsa D. cinta tanah air
36. Kita sebagai siswa harus dapat meneruskan perjuangan
para pahlawan dengan ….
A. menyerang negara penjajah C. belajar dengan tekun
B. menghancurkan negara lain D. melawan negara lain
37. “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan
masyarakat hukum adat berserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan
sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik
Indonesia“. Hal tersebut merupakan bunyi UUD 1945 yaitu
A. pasal 18B ayat (2) C. pasal 18A ayat (2)
B. pasal 18B ayat (1) D. pasal 18A ayat (1)
38. Kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada
daerah untuk mengurus rumah tangganya sendiri dalam kerangka NKRI disebut ….
A. otonomi daerah C. dekosentrasi
B. desentralisasi D. sentralisasi
39. Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur
sebagai wakil pemerintah dan/perangkat pusat di daerah disebut ….
A. desentralisasi C. otonomi daerah
B. dekonsentrasi D. tugas pembantuan
40. Perilaku siswa yang menunjukan upaya membela negara
adalah ….
A. selalu mengikuti perkembangan dunia
B. anti terhadap hasil budaya bangsa lain
C. belajar giat dan menjaga nama baik bangsa
D. berteman dengan mereka yang terpelajar saja
II.
URAIAN
41.
Pemerintah telah mengakui enam agama dan kepercayaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
Tuliskan 6 (enam) agama yang resmi diakui pemerintah
tersebut!
42. Indonesia adalah
negara yang kaya dengan keanekaragaman budaya, ras, agama, suku dan
lainnya.
Jelaskan
3 (tiga) sikap yang harus dimiliki peserta didik bergaul dalam masyarakat yang beragam!
43. Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya
masyarakat Indonesia.
Tuliskan
3 (tiga) contoh bentuk gotong royong yang pernah kalian lakukan!
44. Sebutkan 4 (empat) prinsip yang mendasari pasal-pasal
18,18A dan 18B UUD 1945!
45. Tuliskanlah 3 (tiga) upaya yang harus dilakukan peserta
didik untuk mempertahankan NKRI!
Komentar
Posting Komentar