SOAL PKn KELAS 7

DOKUMEN NEGARA

NASKAH SOAL
SANGAT RAHASIA

UTAMA


KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN TANGERANG
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran      :    PPKn
Kelas                      :    VII (Tujuh)
Hari/Tanggal          :    Rabu, 20  Mei 2020
Alokasi Waktu        :    90 menit
Dimulai                   :    07.30 WIB
Diakhiri                   :    09.00 WIB

PETUNJUK UMUM
1.    Awali pekerjaan Anda dengan membaca basmallah
2.    Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Penilaian Akhir Tahun (LJPAT) dengan pensil 2B sesuai petunjuk di LJPAT
3.    Isikan jawaban soal ke dalam LJPAT sesuai petunjuk di LJPAT
4.    Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket soal
5.    Jumlah soal sebanyak 45 butir (40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian)
6.    Periksa dan bacalah soal–soal sebelum Anda menjawabnya
7.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
8.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian
9.    Akhiri pekerjaan Anda dengan membaca hamdallah


I.       PILIHAN GANDA

1.      Negara Indonesia bisa mempersatukan berbagai keragaman sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda–beda tapi tetap satu juga. Keragaman dapat diartikan ....
A.     makhluk yang beraneka ragam merupakan ciptaan Allah SWT untuk kebutuhan manusia
B.     suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang
C.     keanekaragaman suku bangsa, budaya, agama dan bahasa di suatu negara
D.     keanekaragaman hayati dan non hayati di berbagai negara

2.      Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  sejarah penyebaran ras di dunia                     (3) perbedaan mata pencaharian
(2)  kondisi negara kepulauan                               (4) kondisi geografis wilayah Indonesia
Faktor penyebab keberagaman ras adalah ….
A.    (2) dan (3)                        C. (1) dan (4)
B.    (1) dan (2)                        D. (3) dan (4)

3.      Keberagaman yang ada pada masyarakat bisa menjadi kekayaan bangsa Indonesia dan potensi bangsa. Namun, keberagaman juga menjadi tantangan hal itu disebabkan karena ….
A.    perbedaan pendapat bisa lepas kendali        C.        menuju perjuangan Indonesia
B.    menuju perbedaan pendapat Indonesia        D.        menuju Indonesia yang barokah

4.      Menghargai keberagaman suku bangsa merupakan perwujudan Pancasila, terutama sila ....
A.    Ketuhanan Yang Maha Esa                             C.   Persatuan Indonesia
B.    Kemanusiaan yang adil dan beradab              D.   Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

5.      Keberagaman suku bangsa, agama, ras dan antargolongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga, meskipun berbeda-beda kita tetap merupakan satu kesatuan.
Dampak positif keberagaman tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ....
A.    mempermudah masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita nasional
B.    menjadikan bangsa yang dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
C.   sebagai salah satu unsur yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme
D.   menunjukkan luas dan kayanya unsur-unsur yang dimiliki bangsa Indonesia
6.      Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Menghormati ajaran agama yang diyakini orang lain
(2)  Melaksanakan ajaran agama yang diyakininya dengan baik
(3)  Memaksa kepada orang lain untuk menyakini ajaran agama yang kita anut
(4)  Mengembangkan hidup rukun dan toleran terhadap orang yang berbeda agama
Sikap perilaku yang harus dikembangkan dalam keberagaman agama ditunjukkan pada nomor ….
A.    (1), (2), dan (3)                 C. (1), (3), dan (4)
B.    (1), (2), dan (4)                 D. (2), (3), dan (4)

7.      Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Ada masyarakat yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat perkotaan. Namun ada juga sebagian masyarakat tetap bertahan pada budaya sendiri.
Gambaran tersebut merupakan penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dari segi ….
A.    keadaan transportasi dan komunikasi           C.        penerimaan masyarakat terhadap perubahan
B.    letak strategis wilayah Indonesia       D.        perbedaan kondisi alam

8.      Keberagaman agama di Indonesia ditandai dengan adanya 6 agama yang diakui oleh pemerintah. Keberagaman tersebut tidak boleh menjadi penghalang bagi rakyat untuk saling bekerjasama dan bergaul. Sikap yang menjadi penghalang terwujudnya kerukunan umat beragama adalah ….
A.    menaati ajaran agama yang diyakininya
B.    menganggap ajaran agamanya yang paling benar
C.   sikap toleran dan hormat menghormati antar pemeluk agama
D.   bekerja sama antarpemeluk agama serta kepercayaan yang berbeda–beda

9.      Kemajemukan bangsa Indonesia ditunjukkan pula oleh perbedaan RAS. Hal ini dapat kita tandai dengan ….
A.    agama                              C. bahasa
B.    budaya                             D. ciri – ciri fisik

10.   Masyarakat Indonesia ditakdirkan oleh Allah terdiri dari beragam ras. Untuk itu sebagai bangsa Indonesia kita harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia tanpa membeda-bedakan ras.
Sikap ini sesuai dengan nilai-nilai Pancasila terutama sila ….
A.    Ketuhanan Yang Maha Esa                             C.   Persatuan Indonesia
B.    Kemanusiaan yang adil dan beradab              D.   Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

11.   Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh Mpu Tantular dalam sebuah buku yang berjudul ….
A.    Nagarakertagama            C. Sutasoma
B.    Sundayana                       D. Pararaton

12.   Keragaman suku bangsa merupakan modal utama ….
A.    mengusulkan pemekaran wilayah     C.        mempererat semangat suku bangsa
B.    mengembangkan semangat kesukuan         D.        mempertahankan keutuhan NKRI

13.   Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Primordialisme
(2)  Toleransi
(3)  Etnosentrisme
(4)  Diskriminatif
Untuk membangun masyarakat beraneka ragam yang rukun dan bersatu ada beberapa nilai yang harus dihindari yaitu ….
A.    (1), (2), dan (3)                 C. (1), (3), dan (4)
B.    (1), (2), dan (4)                 D. (2), (3), dan (4)

14.   Keberagaman suku bangsa di Indonesia harus dimaknai sebagai ….
A.    kekayaan bangsa             C. perpecahan bangsa
B.    kelemahan negara           D. kemunduran negara

15.   Tindakan yang sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” dalam pergaulan sehari–hari adalah ....
A.    berteman dengan siapa saja tanpa membeda–bedakan suku
B.    membatasi pergaulan sesuai dengan kepentingan sendiri
C.   tidak berteman dengan yang berbeda ras
D.   berteman dengan teman yang sebaya saja

16.   Contoh kegiatan yang dilakukan dengan prinsip kerjasama di lingkungan madrasah adalah ....
A.    membuang sampah pada tempatnya           C.        mengerjakan ulangan harian
B.    melaksanakan tugas piket    D.         jajan di kantin

17.   Perhatikan ilustrasi berikut!
Siregar pindah rumah dari Medan ke Lampung. Sekarang Siregar tinggal satu kompleks perumahan dengan Anto. Anto merupakan penduduk asli Lampung meskipun berbeda suku Anto dan Siregar berteman baik. Suatu malam, musibah menimpa keluarga Siregar, rumahnya mengalami kebakaran. Sebagai tetangga dan teman yang baik Anto memiliki kewajiban ….
A.    mencari penyebab kebakaran dan menghitung kerugian yang diderita
B.    mencari berita tentang musibah yang sedang terjadi
C.   menanyakan suku bangsanya dan menolongnya
D.   meringankan beban yang diderita Siregar

18.   Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang berdaulat karena ....
A.    Indonesia mencintai perdamaian dan keadilan
B.    mendapat pengakuan dari dunia internasional
C.   kaya akan keaneka ragaman budaya dan bahasa
D.   gigih mempertahankan tanah air dari kaum penjajah

19.   Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional tercantum dalam ….
A.    Pembukaan UUD 1945 alinea keempat       C.        UUD 1945 pasal 23A
B.    TAP MPR Nomor 14 Tahun 1945     D.        UUD 1945 pasal 30 ayat 2

20.   Jika kerjasama antarumat beragama terwujud dengan baik akan tercipta ….
A.    keseragaman agama       C. ketahanan nasional yang mantap
B.    perpaduan ajaran agama D. keindahan dan kebersihan lingkungan

21.   Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1)  Melindungi bangsa dari ancaman dan gangguan
(2)  Mempertahankan kedaulatan negara
(3)  Memperkuat kedudukan militer
(4)  Menjaga keutuhan wilayah
Tujuan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan ditunjukkan oleh nomor ….
A.    (1), (3), dan (4)                 C. (1), (2), dan (3)
B.    (2), (3), dan (4)                 D. (1), (2), dan (4)

22.   Kerjasama antar umat beragama dalam berbagai bidang kehidupan dilakukan untuk mewujudkan kerukunan hidup diatur dalam UUD 1945 yaitu ….
A.    pasal 29 ayat 2                 C. pasal 27 ayat 2
B.    pasal 28 ayat 2                 D. pasal 26 ayat 2

23.   Kerjasama dalam kehidupan ekonomi untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat diatur dalam UUD 1945 yaitu ….
A.    pasal 32 ayat 1                 C. pasal 34 ayat 1
B.    pasal 33 ayat 1                 D. pasal 35 ayat 1

24.   Prinsip kerjasama dalam kegiatan ekonomi diatur dalam UUD 1945 yang menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas ….
A.    efektif dan efesiensi         C. kekeluargaan
B.    usaha bersama                D. manfaat

25.   Musyawarah dalam mengambil keputusan merupakan kerjasama di bidang sosial politik sesuai dengan Pancasila yaitu sila ….
A.    pertama                            C. ketiga
B.    kedua                               D. keempat

26.   Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Mempererat rasa kekeluargaan antarsesama
(2)  Menghindari adanya perbedaan di masyarakat
(3)  Menyelesaikan masalah secara bersama–sama
(4)  Menghilangkan hubungan saling ketergantungan
Tujuan gotong royong ditunjukkan oleh nomor ….
A.    (1) dan (3)                        C. (2) dan (4)
B.    (1) dan (2)                        D. (3) dan (4)
27.   Contoh kerjasama di lingkungan keluarga adalah ….
A.    mengerjakan tugas makalah di rumah          C.        mengadakan belajar kelompok
B.    membantu orang tua menjaga adik   D.        melaksanakan kegiatan ronda

28.   Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kita harus memlihara dan membina kerukunan hidup antarumat beragama dengan cara ….
A.    melaksanakan ibadah bersama umat pemeluk agama lain
B.    belajar bediskusi tentang masalah masalah agama lain
C.   menghormati orang lain yang melaksanakan ibadah
D.   menghadiri upacara ibadah umat agama lain

29.   Para pemuda yang mendengar bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu segera mendesak Soekarno dan Moh. Hatta untuk ….
A.    memberontak kepada sekutu            C.        menolong Jepang dari kekelahan
B.    menyerah kepada sekutu juga          D.        memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

30.   Latar belakang permasalahan terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah ....
A.    pertentangan para pemuda dengan golongan tua tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
B.    pada saat itu Jepang telah menjanjikan  dan mempersiapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
C.   para pemuda ingin memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia di Rengasdengklok
D.   pertentangan antara pihak Jepang dengan pihak Sekutu tentang persiapan kemerdekaan

31.   Makna penting Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi bangsa Indonesia adalah ....
A.    berakhirnya perjuangan bangsa Indonesia
B.    terwujudnya masyarakat adil dan makmur
C.   putusnya hubungan dengan bekas negara penjajah
D.   mulai menata kehidupan berbangsa yang lebih baik

32.   Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi Bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti hukum nasional, yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia tersebut ditinjau dari aspek ….
A.    sosiologis                          C. historis
B.    kultural                              D. hukum

33.   Pengakuan dari negara lain merupakan unsur deklaratif dalam suatu negara. Adapun pengakuan dari negara lain dibedakan menjadi dua, yaitu pengakuan secara de facto dan de jure. Pengakuan de facto diberikan apabila suatu negara baru sudah memenuhi unsur ….
A.    konstitutif                          C. deklaraif
B.    demokrasi                        D. de jure

34.   “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbetuk Republik Indonesia”. Pernyataan tersebut terdapat dalam UUD 1945 yaitu ….
A.    pasal 1 ayat 2                   C. pasal 2 ayat 1
B.    pasal 1 ayat 1                   D. pasal 2 ayat 2

35.   Sikap pahlawan yang bisa kita teladani yaitu ….
A.    melakukan pemberontakan  C.         cinta negara lain
B.    menghianati bangsa         D. cinta tanah air

36.   Kita sebagai siswa harus dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan ….
A.    menyerang negara penjajah C.         belajar dengan tekun
B.    menghancurkan negara lain D.         melawan negara lain

37.   “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat berserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia“. Hal tersebut merupakan bunyi UUD 1945 yaitu
A.    pasal 18B ayat (2)            C. pasal 18A ayat (2)
B.    pasal 18B ayat (1)            D. pasal 18A ayat (1)

38.   Kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah untuk mengurus rumah tangganya sendiri dalam kerangka NKRI disebut ….
A.    otonomi daerah                C. dekosentrasi
B.    desentralisasi                    D. sentralisasi
39.   Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/perangkat pusat di daerah disebut ….
A.    desentralisasi                    C. otonomi daerah
B.    dekonsentrasi                   D. tugas pembantuan

40.   Perilaku siswa yang menunjukan upaya membela negara adalah ….
A.    selalu mengikuti perkembangan dunia
B.    anti terhadap hasil budaya bangsa lain
C.   belajar giat dan menjaga nama baik bangsa
D.   berteman dengan mereka yang terpelajar saja


II.     URAIAN

41.   Pemerintah telah mengakui enam agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan 
Tuliskan 6 (enam) agama yang resmi diakui pemerintah tersebut!

42.   Indonesia adalah negara yang kaya dengan keanekaragaman budaya, ras, agama, suku dan lainnya.
Jelaskan 3 (tiga) sikap yang harus dimiliki peserta didik bergaul dalam masyarakat yang beragam!

43.   Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia.
Tuliskan 3 (tiga) contoh bentuk gotong royong yang pernah kalian lakukan!

44.   Sebutkan 4 (empat) prinsip yang mendasari pasal-pasal 18,18A dan 18B UUD 1945!

45.   Tuliskanlah 3 (tiga) upaya yang harus dilakukan peserta didik untuk mempertahankan NKRI!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI FIQIOH KELAS 8 : SUJUD SYUKUR, SUJUD SAHWI, DAN SUJUD TILAWAH

BAHASA ARAB KELAS 7 "MATERI 'AMILUNA FI MADROSATI"