SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 8

DOKUMEN NEGARA

NASKAH SOAL
SANGAT RAHASIA

UTAMA


KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN TANGERANG
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran      :    Bahasa Indonesia
Kelas                      :    VIII (Delapan)
Hari/Tanggal        :    Kamis, 14 Mei 2020
Alokasi Waktu        :    120 menit
Dimulai                   :    07.30 WIB
Diakhiri                   :    09.30 WIB

PETUNJUK UMUM
1.    Awali pekerjaan Anda dengan membaca basmallah
2.    Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Penilaian Akhir Tahun (LJPAT) dengan pensil 2B sesuai petunjuk di LJPAT
3.    Isikan jawaban soal ke dalam LJPAT sesuai petunjuk di LJPAT
4.    Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket soal
5.    Jumlah soal sebanyak 45 butir (40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian)
6.    Periksa dan bacalah soal–soal sebelum Anda menjawabnya
7.    Laporkan kepada pengawas ruang apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
8.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ruang
9.    Akhiri pekerjaan Anda dengan membaca hamdallah


I.       PILIHAN GANDA

1.      Bacalah teks berikut ini!
Hujan termasuk suatu bentuk gejala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud cair. Ada pula pengendapan yang berwujud padat, seperti salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah siklus hidrologi.
Isi paragraf di atas mengenai ....
A.    terjadinya hujan                C. terjadinya awan di atmosfer
B.    terjadinya siklus air           D. hujan termasuk dalam siklus air

2.      B acalah teks di bawah ini!
Erosi hujan merupakan erosi yang disebabkan oleh derasnya air hujan yang menimpa tanah.Suatu pengikisan tersebut karena kekurangan angin, air atau organisme. Hujan yang deras dan terus menerus memukul tanah dapat mengikiskan tanah tersebut.
Teks tersebut merupakan bagian struktur eksplanasi yaitu ….
A.    pernyataan umum            C. interpretasi/simpulan
B.    urutan sebab akibat          D. pernyataan pendapat

3.      Bacalah kalimat berikut ini!
Karena pembiasan cahaya oleh air hujan, cahaya putih berubah menjadi spektrum warna.
Kalimat tersebut mengandung hubungan sebab akibat dengan konjungsi ….
A.    menjadi                             C. akibat
B.    berubah                            D. sebab

4.      Bacalah kalimat di bawah ini!
Air yang terserap oleh udara menjadi gumpalan awan. Gumpalan awan tertiup angin, ….turun menjadi rintik hujan.
Kata sambung untuk melengkapi bagian rumpang kalimat di atas adalah .
A.    ketika                                C. sebelum
B.    setelah                              D. kemudian

5.      Perhatikan urutan langkah berikut!
[1]   Mengumpulkan bahan     [3] Menentukan topik yang menarik
[2]   Menyusun kerangka teks [4] Mengembangkan kerangka teks
Susunan langkah menulis teks eksplanasi yang tepat adalah ….
A.    2-3-1-4                              C. 3-1-2-4
B.    2-3-4-1                              D. 3-2-1-4

6.      Bacalah teks ulasan berikut!
Begitulah penyajian film yang berasal dari novel. Terdapat potongan peristiwa yang tidak dapat dimasukkan dalam pembuatan film. Hal ini disebabkan film memiliki durasi tertentu yang membatasi cerita. Oleh karena itu, sutradara hanya memasukkan rangkaian peristiwa yang dianggap penting dalam novel tersebut.
Hal yang disoroti dalam paragraf teks ulasan tersebut adalah ….
A.    latar belakang sutradara membuat film         C.        keunggulan film yang diambil dari novel
B.    kelemahan film yang diambil dari novel        D.        trik sutradara dalam membuat film dokumenter

7.      Bacalah kutipan ulasan di bawah!
Bahasa dalam novel ini lugas dan mudah dipahami. Sayangnya, novel ini sudah langka sehingga sulit diperoleh.
Kutipan di atas merupakan contoh kalimat ciri-ciri teks ulasan bagian ….
A.    resensi                              C. pandangan
B.    struktur                             D. fakta ulasan

8.      Bacalah teks ulasan di bawah ini !
… Cerpen ini sangat bagus bagi pembaca kalangan umum. Mengingat cerpen ini mengangkat tragedi tsunami yang pernah melanda provinsi Banten. Melalui cerpen ini, kita juga mampu merasakan kehilangan terhadap orang-orang yang sangat kita cintai.
Paragraf di atas dalam stuktur teks ulasan termasuk bagian ….
A.    interpretasi                        C. rangkuman
B.    pendahuluan                     D. evaluasi

9.      Bacalah teks berikut ini !
[1] Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami para pembaca [2] Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam kehidupan. [3] Dengan kemasan yang apik, sang penulis memberi nasihat-nasihat yang baik bagi para pembaca terutama kalangan anak muda. [4] Di sisi lain, alurnya mudah ditebak dan sosok tokoh ayah dalam cerpen “Nasihat Untuk Anakku” karya Motinggo Busye ini tidak digambarkan jelas.
Pernyataan yang menunjukan kekurangan buku ditandai dengan kalimat bernomor ….
A.    [1]                                     C. [3]
B.    [2]                                     D. [4]

10.   Bacalah teks berikut ini !
Cerpen Nasihat untuk Anakku karya Motinggo Busye ini ditulis dengan bahasa lugas. Isi cerpen sangat baik dan penuh dengan nasihat moral. Anak-anak dapat termotivasi untuk mencoba dan menerapkan nasihat-nasihat itu dalam kehidupannya.
Kalimat berisi penilaian keunggulan cerpen tersebut adalah ….
A.    Cerpen ini sangat menarik isinya
B.    Cerpen ini sangat cocok dibaca pelajar
C.   Nasihat-nasihat yang ada dalam cerpen dapat memotivasi anak
D.   Pesan moral yang ada dalam cerita harus dilaksanakan oleh anak

11.   Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini!
[1]   Menelaah kelebihan dan kekurangan buku
[2]   Mencatat hal-hal yang menarik dari isi buku
[3]   Merumuskan kesimpulan tentang isi buku dan kesan tentang buku
[4]   Membuat saran untuk pembaca
[5]   Mencatat identitas buku
Susunan langkah-langkah menulis teks ulasan yang tepat adalah ….
A.    2-3-4-5-1                          C. 5-2-3-4-1
B.    5-2-1-3-4                          D. 2-3-4-1-5

12.   Bacalah kutipan kalimat berikut ini!
Hasan merasa bahwa semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada Anwar dan berniat mencelakainya.
Kata bahwa dalam kutipan di atas merupakan konjungsi ….
A.    konsesif                            C. penerang
B.    temporal                           D. penyebab

13.   Bacalah teks persuasi berikut ini!
Akhir-akhir ini beberapa daerah sering dilanda banjir, terutama saat musim hujan tiba. Musibah banjir sangat merugikan masyarakat karena dapat melumpuhkan berbagai aktivitas. Banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya banjir, salah satunya adalah sampah. Sebenarnya, musibah banjir dapat dicegah. Pencegahan banjir dapat kita lakukan bersama dengan kegiatan yang terlihat sepele, yaitu membuang sampah pada tempat sampah. Masyarakat harus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sekecil apapun sampah, kita harus membuangnya ke tempat sampah. Mari mencegah banjir dengan cara membuang sampah ke tempatnya!
Teks persuasi di atas termasuk jenis teks persuasi ….
A.    propaganda                      C. advertensi
B.    pendidikan                        D. politik

14.   Perhatikan teks di bawah ini!
[1]   Merumuskan simpulan akhir
[2]   Membaca keseluruhan isi teks
[3]   Mencatat bagian-bagian penting isi teks
[4]   Memahami hubungan logis antar bagian teks
Susunan langkah menyimpulkan teks persuasif yang tepat adalah ….
A.    2-3-1-4                              C. 3-2-1-4
B.    2-3-4-1                              D. 3-1-2-4

15.   Bacalah teks berikut ini!
[1] Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokok. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. [2] Misalnya d Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. [3] Di Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan pokok mereka. [4] Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri anda!
Kalimat arahan dalam teks persuasif tersebut terdapat dalam kalimat nomor ….
A.    [1]                                     C. [3]
B.    [2]                                     D. [4]

16.   Bacalah teks berikut ini!
(1) Sebagian orang tidak terbiasa makan di pagi hari dngan alasan belum lapar, buru-buru berangkat kerja atau sekolah dan lain-lain. (2) Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting saat kita akan memulai kegiatan di pagi hari. (3) Tubuh yang kekurangan asupan makanan di pagi hari saat melakukan aktivitas. (4) Namun, kita juga harus memperhatikan porsi sarapan, usahakan porsi makanan tidak banyak agar tidak menimbulkan kantuk saat beraktivitas. (5) Jadi, sarapan pagi secukupnya saja yang penting perut tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas.
Simpulan yang tepat berdasarkan teks persuasi di atas adalah ….
A.    Sebagian orang menganggap sarapan pagi bukan hal yang penting dilakukan
B.    Sarapan adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum berangkat kerja atau sekolah
C.   Tubuh yang kekurangan asupan akan kekurangan tenaga di siang hari saat melakukan aktivitas
D.   Membiasakan sarapan pagi yang cukup akan membuat tubuh memiliki kecukupan energi


Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 17 dan 18!
Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua. Bisa bersifat sebagai teman, bisa juga sebagai devil advocate, teman yang menjerumuskan. Nah, sekali lagi kita harus berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang kita kunjungi.
17.   Kalimat yang bergaris bawah merupakan unsur kebahasaan teks persuasi yaitu ….
A.    kalimat seru                      C. kalimat tanya
B.    kalimat saran                    D. kalimat ajakan

18.   Kata kerja mental yang terdapat dalam teks tersebut adalah ....
A.    biasa saja                         C. banyak
B.    panjang                             D. berhati-hati

19.   Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
[1]   Saat musim hujan, kekebalan tubuh kita dapat menurun
[2]   Perjalanan aman dan menyenangkan, pilihlah Pass Travel
[3]   Ayo kita lestarikan permainan tradisional
[4]   Jangan menendang bola terlalu keras
Kalimat yang dapat digunakan untuk mengajak orang lain melakukan sesuatu ditunjukan nomor ….
A.    (1) dan (2)                        C. (2) dan (3)
B.    (1) dan (3)                        D. (2) dan (4)

20.   Perhatikan gambar berikut!

Kalimat ajakan yang tepat dan sesuai dengan gambar di atas adalah ….
A.    Berhati-hatilah dalam berkendara karena nyawa berharga!
B.    Gunakanlah helm ketika berkendara demi keselamatan!
C.   Jangan mengebut di jalanan ketika sedang berkendara!
D.   Pilihlah oli yang berkualitas untuk motor anda demi keselamatan!

21.   Perhatikan data berikut!
[1]   Latar
[2]   Kramagung
[3]   Dialog
[4]   penokohan
Alur peristiwa dan konflik dalam drama digerakkan melalui unsur nomor ....
A.    [1]                                     C. [3]
B.    [2]                                     D. [4]

22.   Perhatikan cuplikan drama berikut!
Ayu   : “Tenang, Yani. Tidak akan terjadi apa-apa!”
Yani  : ”Enak saja! Senang ya bisa membuat orang menangis.”
Ayu   : ”Yani, apakah setiap tangis itu duka?”
Yani  : ”Tetapi, dia tampak menderita!”
Ayu   : ”Tampak menderita tidak sama dengan nyata-nyata menderitakan?”
Suasana yang tergambar dalam cuplikan drama tersebut adalah ….
A.    kekhawatiran                    C. kemarahan
B.    kejengkelan                      D. ketakutan

23.   Perhatikan cuplikan dialog teks drama berikut !
Yoga   : ”Kamu sudah dengar berita tentang Rury?
Pohan : ”Belum, memang ada apa dengan Rury?”
Yoga   : ”Kemaren ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit .
Danu   : ”Ah, biarkan saja biar dia tahu rasa karena mengambil mangga orang.
Watak tokoh Yoga pada cuplikan drama tersebut adalah ….
A.    perhatian                          C. tidak peduli
B.    pencuriga                         D. masa bodoh

24.   Cermati teks drama berikut!
Dika  : ”Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat.” (sambil menggebrak meja)
Sultan : ”Sabarlah sedikit, Dik.
Pernyataan bertanda kurung merupakan unsur drama yang disebut ….
A.    prolog                               C. kramagung
B.    monolog                           D. wawancang

25.   Bacalah kutipan drama berikut ini !
Riyan            : Bu, terima kasih atas ilmu yang Ibu berikan kepadaku. Apa artinya diriku apabila tidak ada ibu.
Guru             : ”Riyan, kamu harus tahu, meskipun kita hanya punya ilmu sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.”
Anak guru     : “Lebih baik kalau mengobrolnya ditemani teh hangat.” (menyodorkan cangkir )
Riyan            : ”Terima kasih, Mbak.”
Latar kutipan drama tersebut adalah ….
A.    ruang kerja                       C. ruang guru
B.    ruang tamu                       D. rumah Riyan

Cermatilah kutipan drama berikut ini untuk menjawab soal nomor 26 dan 27!
Rizki : ”Dik, kita berangkat sekolah sekarang. (Rizki berdiri di depan pintu, lalu Dika mendekat)
Dika : ”Maaf, Ki, tunggu sebentar.” (Dika menyuruh Rizki duduk)
Rizki : ”Sebentar, apalagi yang kamu kerjakan?”
Dika : ”Biasa, mengisi dua bak mandi setiap hari.”
26.   Amanat kutipan drama di atas adalah ….
A.    Berangkat sekolah harus lebih pagi   C.        Bekerjalah sebaik mungkin
B.    Selesaikan pekerjaan secara baik     D.        Jadilah anak yang rajin

27.   Adegan drama terdiri dalam kutipan tersebut yaitu bagian ….
A.    komplikasi                        C. resousi
B.    orientasi                            D. evolusi

28.   Bacalah teks di bawah ini !
Diki adalah anak saleh dan ramah. Dia anak yatim yang sangat berbakti kepada ibunya. Pada saat liburan dia diajak oleh Dendi dan Haris naik gunung. Ketika mereka akan berangkat, tiba-tiba ibu Dika mendadak sakit keras.
Kata yang tercetak miring merupakan konjungsi ….
A.    syarat                               C. penerang
B.    temporal                           D. penyebab

29.   Perhatikan pernyataan berikut!
[1]   Berupa cerita                    [4] Bertujuan untuk dipentaskan
[2]   Menarik untuk ditonton    [5] Ditayangkan melalui televisi
[3]   Berbentuk dialog
Ciri utama drama ditunjukkan nomor
A.    1-2 dan 3                          C. 1-3 dan 4
B.    2-3 dan 4                          D. 3-4 dan 5

30.   Bacalah teks berikut ini !
Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau. Hal ini terjadi .... semakin minimnya jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang itu adalah....
A.    karena                              C. tetapi
B.    akibat                                D. dari

31.   Perhatikan teks berikut ini!
 Rose menahan air matanya yang mau jatuh. Dia menguatkan hatinya dan bertanya kepada Papa
“Apa kau pernah ke kantornya dan menanyakan mengapa dia pergi?”
Rose, mamamu berhenti bekerja. Dia tidak bercerita kepada seorang pun teman kerjanya tentang rencananya dan ke mana dia akan pergi. Mereka sama terkejutnya dengan aku.” Airmata Rose meleleh.
Tulisan di atas dikategorikan sebagai teks fiksi karena berbentuk ….
A.    deskripsi                           C. persuasi
B.    eksposisi                           D. narasi
32.   Perhatikan ciri-ciri buku berikut!
[1]   Bersifat kenyataan           [5] Berisi prosedur ilmiah
[2]   Hasil pengamatan            [6] Hasil imajinasi
[3]   Berisi pengetahuan          [7] Terdapat latar dan tokoh
[4]   Terdapat alur kejadian
Ciri buku fiksi ditandai oleh nomor ….
A.    4, 6, 1, 3                           C. 2, 4, 6, 7
B.    4, 6, 1, 5                           D. 2, 4, 6, 1

33.   Bacalah kutipan berikut!
Susunan kalimat yang dipakai dalam buku ini sederhana dan memakai istilah yang terkenal dalam masyarakat, sehingga pembaca mudah memahami isinya. Meskipun demikian, masih ada beberapa penulisan yang perlu diperbaiki.
Hal yang dikomentari dalam kutipan di atas adalah ….
A.    isi buku                             C. bahasa buku
B.    fisik buku                          D. susunan huruf

34.   Cermati gambar dibawah ini!


Buku fiksi berdasarkan gambar di atas adalah ….
A.    [1]                                     C. [3]
B.    [2]                                     D. [4]

35.   Perhatikan kutipan informasi buku berikut ini!
Fais pergi sendirian. Dia di belakang lunglai meninggalkan sekolah. Pikirannya sudah di rumah untuk membantu orang tuanya mengerjakan sawah. Dia galau harus terlebih dahulu melaksanakan apa, membantu bapaknya di sawah ataukah harus membantu ibunya di rumah. Semakin teringat hal itu, Fais semakin cepat melangkahkan kakinya.
Kutipan informasi buku di atas termasuk fiksi karena berisi ….
A.    insiden orang tua yang ingin dibantu anaknya
B.    cara-cara menjadi anak sekolah yang rajin
C.   klarifikasi perihal anak sekolah yang rajin
D.   cerita tokoh yang mempunyai konflik batin

36.   Perhatikan tabel berikut ini!
Aspek Perbandingan
Teks Fiksi
Teks Nonfiksi
bentuk teks
narasi
eksposisi,argumentasi,laporan
pemerolehan data
imajinasi
….
sifat
tidak ilmiah
ilmiah
fungsi teks
sebagai hiburan
untuk menambah pengetahuan
Informasi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada tabel di atas adalah ….
A.    mewawancarai                 C. mengamati
B.    menghayal                       D. meneliti

37.   Isi sebuah buku dapat diperjelas dengan peta konsep. Pada peta konsep, untuk membedakan hubungan antarbab dan subbab menggunakan ….
A.    gambar, garis dan warna C. gambar dan garis
B.    gambar dan warna           D. garis dan warna

38.   Perhatikan pernyataan berikut!
[1]   Mengidentifikasi ide-ide sekunder yang menunjang ide utama
[2]   Mengidentifikasi konsep-konsep sekunder yang menunjang ide utama.
[3]   Tempatkan ide utama di tengah atau di puncak peta tersebut.
[4]   Menghilangkan ide utama.
Bagian yang tidak padu dari cara membuat peta konsep di atas adalah pada nomor ….
A.    [1]                                     C. [3]
B.    [2]                                     D. [4]
39.   Perhatikan gambar berikut!

Lihat dari kovernya, buku tersebut termasuk jenis ….
A.    novel                                 C. biografi
B.    sejarah                              D. autobiografi

40.   Cermati teks berikut ini !
                         Teks 1
 Teks 2
Minuman beralkohol tidak baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat meningkatkan resiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat-zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh.
“Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah….
A.    lebih banyak menggunakan kata kias
lebih banyak menggunakan kata lugas
B.    menggunakan bahasa formal
menggunakan bahasa percakapan
C.   menggunakan kalimat percakapan
jarang menggunakan gaya bahasa
D.   menggunakan gaya bahasa
menggunakan bahasa formal


II.    URAIAN

41.   Cermatilah wacana di bawah ini!
Bumi tersusun oleh inti bumi yang panas dengan bebatuan dan tanah. Pada permukaan bumi tidak terasa panas karena tertutup oleh bebatuan dantanah tersebut. Akan tetapi, apabila mantel yang melindungi bumi tidak sanggup menahan magma terlalu lama, berakibat endapan magma dari inti bumi tersebut naik.
Telaah dan jelaskanlah jenis konjungsi yang terdapat dalam wacana di atas dan disertai dengan bukti kalimatnya!

42.   Perhatikan identita buku di bawah ini!
Judul Novel                          : Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang                 : Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan Penerbit Buku  : Jakarta, Penerbit Republik
Tahun Penerbitan                : 2004
Tebal buku                           : 20,5 x 13,5 cm
Keunggulan                          : Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta
Kekurangan                         : Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami
Jabarkanlah identitas novel di atas dalam bentuk paragraf ulasan!

43.   Bacalah kutipan paragraph di bawah ini!
Sebagai generasi penerus hendaknya mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnyaatas anugrah kemerdekaan Indonesia ini. Sebaiknya isi kemerdekaan ini dengan belajar, dan bekerja yang giat sesuai dengan profesi masing-masing. Sebagai generasi muda, kita haruslah mampu mendukung pembangunan ini dengan sepenuhnya, ikut serta turun aktif, serta menjaga dan melestarikan pembangunan yang sudah terwujud. Kepada lapisan generasi muda, mari kita melaksanakan aktivitas yang positif demi kemajuan kita bersama, agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif maju demi bangsa Indonesia.
Telaahlah kalimat yang merupakan saran, arahan dan ajakan pada teks persuasif di atas!

44.   Drama memiliki unsur-unsur instrinsik yaitu tema, penokohan, alur dan latar.
Jelaskanlah hubungan antarunsur-unsur intrinsik drama tersebut!

45.   Perhatikan gambar di bawah ini!




Bandingkanlah perbedaan di antara kedua buku tersebut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI FIQIOH KELAS 8 : SUJUD SYUKUR, SUJUD SAHWI, DAN SUJUD TILAWAH

BAHASA ARAB KELAS 7 "MATERI 'AMILUNA FI MADROSATI"