SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 8
DOKUMEN NEGARA
|
NASKAH SOAL
|
|
SANGAT RAHASIA
|
UTAMA
|
KEMENTERIAN
AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MADRASAH
TSANAWIYAH KABUPATEN TANGERANG
PENILAIAN
AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII (Delapan)
Hari/Tanggal : Kamis,
14 Mei 2020
Alokasi
Waktu : 120 menit
Dimulai : 07.30 WIB
Diakhiri : 09.30 WIB
|
PETUNJUK
UMUM
|
1.
Awali pekerjaan Anda dengan membaca basmallah
2.
Isikan identitas Anda pada Lembar Jawaban Penilaian
Akhir Tahun (LJPAT) dengan pensil 2B sesuai petunjuk
di LJPAT
3.
Isikan jawaban soal ke dalam LJPAT sesuai petunjuk di LJPAT
4.
Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket soal
5.
Jumlah soal sebanyak 45 butir (40 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian)
6.
Periksa dan bacalah soal–soal sebelum Anda menjawabnya
7.
Laporkan kepada pengawas ruang apabila terdapat lembar soal yang
kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap
8.
Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada
pengawas ruang
9.
Akhiri pekerjaan Anda dengan membaca hamdallah
|
I.
PILIHAN
GANDA
1.
Bacalah teks
berikut ini!
Hujan termasuk suatu bentuk gejala alam yang dapat kita saksikan dalam
kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud cair. Ada
pula pengendapan yang berwujud padat, seperti salju, es, atau aerosol
(embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada
siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah
siklus hidrologi.
|
Isi
paragraf di
atas mengenai ....
A. terjadinya hujan C. terjadinya awan di atmosfer
B. terjadinya siklus air D. hujan termasuk dalam siklus air
2.
B acalah teks
di bawah ini!
Erosi hujan merupakan erosi yang disebabkan oleh derasnya air hujan
yang menimpa tanah.Suatu pengikisan tersebut karena kekurangan angin, air atau organisme. Hujan yang deras dan terus menerus memukul tanah
dapat mengikiskan tanah tersebut.
|
Teks
tersebut merupakan bagian struktur eksplanasi yaitu ….
A. pernyataan umum C. interpretasi/simpulan
B. urutan sebab akibat D. pernyataan pendapat
3.
Bacalah
kalimat berikut ini!
Karena pembiasan cahaya
oleh air hujan,
cahaya putih berubah menjadi spektrum
warna.
|
Kalimat
tersebut mengandung hubungan sebab akibat dengan konjungsi ….
A. menjadi C. akibat
B. berubah D. sebab
4.
Bacalah
kalimat di bawah ini!
Air yang
terserap oleh udara menjadi gumpalan awan. Gumpalan awan tertiup angin, ….turun
menjadi rintik hujan.
|
Kata sambung untuk melengkapi bagian rumpang
kalimat di atas adalah ….
A. ketika C. sebelum
B. setelah D. kemudian
5.
Perhatikan
urutan langkah berikut!
[1]
Mengumpulkan
bahan [3] Menentukan topik yang menarik
[2]
Menyusun
kerangka teks [4] Mengembangkan kerangka teks
Susunan langkah menulis teks eksplanasi yang
tepat adalah ….
A. 2-3-1-4 C. 3-1-2-4
B. 2-3-4-1 D. 3-2-1-4
6.
Bacalah teks
ulasan berikut!
Begitulah
penyajian film yang berasal dari novel. Terdapat potongan peristiwa yang
tidak dapat dimasukkan dalam pembuatan film. Hal ini disebabkan film memiliki
durasi tertentu yang membatasi cerita. Oleh karena itu, sutradara
hanya memasukkan rangkaian peristiwa yang dianggap penting dalam novel
tersebut.
|
Hal
yang disoroti dalam paragraf
teks ulasan tersebut adalah ….
A. latar belakang sutradara membuat film C. keunggulan
film yang diambil dari novel
B. kelemahan film yang diambil dari novel D. trik
sutradara dalam membuat film dokumenter
7.
Bacalah
kutipan ulasan di bawah!
Bahasa dalam
novel ini lugas dan mudah dipahami. Sayangnya, novel ini
sudah langka sehingga sulit diperoleh.
|
Kutipan
di atas merupakan contoh kalimat ciri-ciri teks ulasan bagian ….
A. resensi C. pandangan
B. struktur D. fakta ulasan
8.
Bacalah teks
ulasan di bawah ini !
… Cerpen ini
sangat bagus bagi pembaca kalangan umum. Mengingat cerpen ini mengangkat
tragedi tsunami yang pernah melanda provinsi Banten. Melalui cerpen ini, kita
juga mampu merasakan kehilangan terhadap orang-orang yang sangat kita cintai.
|
Paragraf di atas dalam
stuktur teks ulasan termasuk bagian ….
A. interpretasi C. rangkuman
B. pendahuluan D. evaluasi
9.
Bacalah teks
berikut ini !
[1] Cerita pendek ini disajikan
dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami para pembaca [2] Cerpen ini
juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam
kehidupan. [3] Dengan
kemasan yang apik, sang penulis memberi nasihat-nasihat yang baik bagi para
pembaca terutama kalangan anak muda. [4] Di sisi lain, alurnya mudah ditebak dan
sosok tokoh ayah dalam
cerpen “Nasihat Untuk Anakku” karya Motinggo Busye ini tidak digambarkan
jelas.
|
Pernyataan
yang menunjukan kekurangan buku ditandai dengan kalimat bernomor ….
A. [1] C. [3]
B. [2] D. [4]
10.
Bacalah teks
berikut ini !
Cerpen Nasihat
untuk
Anakku karya Motinggo Busye ini ditulis dengan bahasa
lugas. Isi cerpen sangat baik dan penuh dengan nasihat moral. Anak-anak dapat
termotivasi untuk mencoba dan menerapkan nasihat-nasihat itu dalam
kehidupannya.
|
Kalimat
berisi penilaian keunggulan cerpen tersebut adalah ….
A. Cerpen ini sangat menarik isinya
B. Cerpen ini sangat cocok dibaca pelajar
C. Nasihat-nasihat yang ada dalam cerpen dapat memotivasi
anak
D. Pesan moral yang ada dalam cerita harus dilaksanakan
oleh anak
11.
Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini!
[1]
Menelaah kelebihan dan kekurangan buku
[2]
Mencatat hal-hal yang menarik dari isi buku
[3]
Merumuskan kesimpulan tentang isi buku dan kesan
tentang buku
[4]
Membuat saran untuk pembaca
[5]
Mencatat identitas buku
Susunan langkah-langkah menulis teks ulasan yang
tepat adalah ….
A. 2-3-4-5-1 C. 5-2-3-4-1
B. 5-2-1-3-4 D. 2-3-4-1-5
12.
Bacalah
kutipan kalimat berikut ini!
Hasan merasa
bahwa semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada
Anwar dan berniat mencelakainya.
|
Kata
bahwa dalam kutipan di atas merupakan
konjungsi ….
A. konsesif C. penerang
B. temporal D. penyebab
13.
Bacalah teks
persuasi berikut ini!
Akhir-akhir
ini beberapa daerah sering dilanda banjir, terutama
saat musim hujan tiba. Musibah banjir sangat merugikan masyarakat karena
dapat melumpuhkan berbagai aktivitas.
Banyak hal yang menjadi pemicu terjadinya banjir, salah satunya adalah
sampah. Sebenarnya,
musibah banjir dapat dicegah. Pencegahan banjir dapat kita lakukan
bersama dengan kegiatan yang terlihat sepele, yaitu membuang sampah pada
tempat sampah. Masyarakat harus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya
membuang sampah pada tempatnya. Sekecil apapun sampah, kita harus membuangnya
ke
tempat sampah. Mari mencegah banjir dengan cara membuang sampah ke tempatnya!
|
Teks
persuasi di atas termasuk jenis teks persuasi ….
A. propaganda C. advertensi
B. pendidikan D. politik
14.
Perhatikan
teks di bawah ini!
[1] Merumuskan simpulan akhir
[2] Membaca keseluruhan isi teks
[3] Mencatat bagian-bagian penting isi teks
[4] Memahami hubungan logis antar bagian teks
Susunan langkah menyimpulkan teks persuasif yang
tepat adalah ….
A. 2-3-1-4 C. 3-2-1-4
B. 2-3-4-1 D. 3-1-2-4
15.
Bacalah teks
berikut ini!
[1]
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokok.
Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. [2] Misalnya
d Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan
buruh kasar. [3] Di Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli
rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan
buah-buahan sebagai kebutuhan pokok mereka. [4] Hentikan merokok sebelum
candu rokok melekat pada diri anda!
|
Kalimat
arahan dalam teks persuasif tersebut terdapat dalam kalimat nomor ….
A. [1] C. [3]
B. [2] D. [4]
16.
Bacalah teks
berikut ini!
(1) Sebagian
orang tidak terbiasa makan di pagi hari dngan alasan belum lapar, buru-buru
berangkat kerja atau sekolah dan lain-lain. (2) Padahal sarapan merupakan hal
yang paling penting saat kita akan memulai kegiatan di pagi hari. (3) Tubuh
yang kekurangan asupan makanan di pagi hari saat melakukan aktivitas. (4)
Namun, kita
juga harus memperhatikan porsi sarapan, usahakan porsi makanan tidak banyak
agar tidak menimbulkan kantuk saat beraktivitas. (5) Jadi, sarapan pagi secukupnya saja yang
penting perut tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas.
|
Simpulan
yang tepat berdasarkan teks persuasi di atas adalah ….
A. Sebagian orang menganggap sarapan pagi bukan hal yang
penting dilakukan
B. Sarapan adalah hal yang paling penting dilakukan
sebelum berangkat kerja atau sekolah
C. Tubuh yang kekurangan asupan akan kekurangan tenaga di
siang hari saat melakukan aktivitas
D. Membiasakan sarapan pagi yang cukup akan membuat tubuh
memiliki kecukupan energi
Bacalah
teks berikut untuk
mengerjakan soal nomor 17 dan 18!
Hanya
saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua.
Bisa bersifat sebagai teman, bisa juga sebagai devil advocate, teman
yang menjerumuskan. Nah,
sekali lagi kita harus berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang kita
kunjungi.
|
17.
Kalimat yang
bergaris bawah merupakan unsur kebahasaan teks persuasi yaitu ….
A. kalimat seru C. kalimat tanya
B. kalimat saran D. kalimat ajakan
18.
Kata kerja mental yang terdapat dalam teks tersebut
adalah ....
A. biasa saja C. banyak
B. panjang D. berhati-hati
19.
Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
[1] Saat musim hujan, kekebalan tubuh kita dapat menurun
[2] Perjalanan aman dan menyenangkan, pilihlah Pass Travel
[3] Ayo kita lestarikan permainan tradisional
[4] Jangan menendang bola terlalu keras
Kalimat
yang dapat digunakan untuk mengajak orang lain melakukan sesuatu ditunjukan
nomor ….
A. (1) dan (2) C. (2) dan (3)
B. (1) dan (3) D. (2) dan (4)
20.
Perhatikan
gambar berikut!
Kalimat
ajakan yang tepat dan sesuai dengan gambar di atas adalah ….
A. Berhati-hatilah dalam berkendara karena nyawa berharga!
B. Gunakanlah helm ketika berkendara demi keselamatan!
C. Jangan mengebut
di jalanan ketika
sedang
berkendara!
D. Pilihlah oli yang berkualitas untuk motor anda demi keselamatan!
21.
Perhatikan data berikut!
[1]
Latar
[2]
Kramagung
[3]
Dialog
[4]
penokohan
Alur
peristiwa dan konflik dalam
drama digerakkan melalui unsur nomor ....
A. [1] C. [3]
B. [2] D. [4]
22.
Perhatikan
cuplikan drama berikut!
Ayu : “Tenang, Yani. Tidak akan terjadi
apa-apa!”
Yani : ”Enak saja! Senang ya bisa membuat orang menangis.”
Ayu : ”Yani, apakah setiap tangis itu duka?”
Yani : ”Tetapi, dia tampak menderita!”
Ayu : ”Tampak menderita tidak sama dengan nyata-nyata
menderita ‘kan?”
|
Suasana
yang tergambar dalam cuplikan drama tersebut adalah ….
A. kekhawatiran C. kemarahan
B. kejengkelan D. ketakutan
23.
Perhatikan
cuplikan dialog teks drama berikut !
Yoga : ”Kamu sudah dengar berita tentang Rury?
Pohan : ”Belum, memang ada apa dengan Rury?”
Yoga : ”Kemaren ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya
patah dan sekarang
dirawat di rumah sakit .
Danu : ”Ah, biarkan saja biar dia tahu rasa karena
mengambil mangga
orang.
|
Watak
tokoh Yoga pada cuplikan drama tersebut adalah ….
A. perhatian C. tidak peduli
B. pencuriga D. masa bodoh
24.
Cermati teks
drama berikut!
Dika : ”Berapa lama
lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat.” (sambil
menggebrak meja)
Sultan
: ”Sabarlah
sedikit, Dik.”
|
Pernyataan
bertanda kurung merupakan unsur drama yang disebut ….
A. prolog C. kramagung
B. monolog D. wawancang
25.
Bacalah kutipan drama berikut ini !
Riyan : ”Bu, terima
kasih atas ilmu yang Ibu berikan kepadaku. Apa artinya diriku apabila tidak ada ibu.
Guru : ”Riyan, kamu harus tahu,
meskipun kita hanya punya ilmu sedikit, namun tetap harus diberikan kepada
orang lain.”
Anak
guru : “Lebih baik kalau
mengobrolnya ditemani teh hangat.” (menyodorkan cangkir )
Riyan : ”Terima kasih, Mbak.”
|
Latar kutipan drama tersebut adalah ….
A. ruang kerja C. ruang guru
B. ruang tamu D. rumah Riyan
Cermatilah
kutipan drama berikut ini untuk
menjawab soal nomor 26 dan 27!
Rizki
: ”Dik,
kita berangkat sekolah sekarang.
(Rizki berdiri di depan pintu, lalu Dika mendekat)
Dika
: ”Maaf,
Ki, tunggu sebentar.” (Dika menyuruh Rizki duduk)
Rizki
: ”Sebentar,
apalagi yang kamu kerjakan?”
Dika
: ”Biasa,
mengisi dua bak mandi setiap hari.”
|
26.
Amanat kutipan
drama di atas adalah ….
A. Berangkat sekolah harus lebih pagi C. Bekerjalah
sebaik mungkin
B. Selesaikan pekerjaan secara baik D. Jadilah
anak yang rajin
27.
Adegan drama terdiri dalam kutipan tersebut yaitu bagian ….
A. komplikasi C. resousi
B. orientasi D. evolusi
28.
Bacalah teks
di bawah ini !
Diki
adalah anak saleh dan ramah. Dia anak yatim yang sangat berbakti kepada
ibunya. Pada saat liburan dia diajak oleh Dendi dan Haris naik gunung. Ketika mereka akan berangkat,
tiba-tiba ibu Dika mendadak sakit keras.
|
Kata
yang tercetak miring merupakan konjungsi ….
A. syarat C. penerang
B. temporal D. penyebab
29.
Perhatikan
pernyataan berikut!
[1] Berupa cerita [4] Bertujuan untuk dipentaskan
[2] Menarik untuk ditonton [5] Ditayangkan melalui televisi
[3] Berbentuk dialog
Ciri utama drama ditunjukkan nomor
A. 1-2 dan 3 C. 1-3 dan 4
B. 2-3 dan 4 D. 3-4 dan 5
30.
Bacalah teks
berikut ini !
Peristiwa
berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau. Hal ini
terjadi ....
semakin minimnya jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur.
|
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi
bagian yang rumpang itu adalah....
A. karena C. tetapi
B. akibat D. dari
31.
Perhatikan
teks berikut ini!
Rose menahan air matanya yang
mau jatuh. Dia menguatkan hatinya dan bertanya kepada Papa
“Apa kau pernah ke kantornya dan menanyakan mengapa
dia pergi?”
“Rose,
mamamu berhenti bekerja. Dia tidak bercerita kepada seorang pun teman
kerjanya tentang rencananya dan ke mana dia akan pergi. Mereka sama
terkejutnya dengan aku.” Airmata Rose meleleh.
|
Tulisan
di atas dikategorikan
sebagai teks fiksi karena berbentuk ….
A. deskripsi C. persuasi
B. eksposisi D. narasi
32.
Perhatikan ciri-ciri
buku berikut!
[1]
Bersifat kenyataan [5] Berisi prosedur ilmiah
[2]
Hasil
pengamatan [6] Hasil imajinasi
[3]
Berisi pengetahuan [7] Terdapat latar dan tokoh
[4]
Terdapat alur kejadian
Ciri buku fiksi ditandai oleh nomor ….
A. 4, 6, 1, 3 C. 2, 4, 6, 7
B. 4, 6, 1, 5 D. 2, 4, 6, 1
33.
Bacalah
kutipan berikut!
Susunan kalimat yang dipakai dalam
buku ini sederhana dan memakai istilah yang terkenal dalam masyarakat,
sehingga pembaca mudah memahami isinya. Meskipun demikian, masih ada beberapa
penulisan yang perlu diperbaiki.
|
Hal
yang dikomentari dalam kutipan di atas adalah ….
A. isi buku C. bahasa buku
B. fisik buku D. susunan
huruf
34.
Cermati gambar
dibawah ini!
A. [1] C. [3]
B. [2] D. [4]
35.
Perhatikan
kutipan informasi buku berikut ini!
Fais
pergi sendirian. Dia di belakang lunglai meninggalkan sekolah. Pikirannya
sudah di rumah untuk membantu orang tuanya mengerjakan sawah. Dia galau harus
terlebih dahulu melaksanakan apa, membantu bapaknya di sawah ataukah harus
membantu ibunya di
rumah. Semakin teringat hal itu, Fais semakin cepat melangkahkan kakinya.
|
Kutipan
informasi buku di atas termasuk fiksi karena berisi ….
A. insiden orang tua yang ingin dibantu anaknya
B. cara-cara menjadi anak sekolah yang rajin
C. klarifikasi perihal anak sekolah yang rajin
D. cerita tokoh yang mempunyai konflik batin
36.
Perhatikan
tabel berikut ini!
Aspek Perbandingan
|
Teks Fiksi
|
Teks Nonfiksi
|
bentuk
teks
|
narasi
|
eksposisi,argumentasi,laporan
|
pemerolehan
data
|
imajinasi
|
….
|
sifat
|
tidak
ilmiah
|
ilmiah
|
fungsi
teks
|
sebagai
hiburan
|
untuk
menambah
pengetahuan
|
Informasi
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada tabel di atas
adalah ….
A. mewawancarai C. mengamati
B. menghayal D. meneliti
37.
Isi sebuah
buku dapat diperjelas dengan peta konsep. Pada peta konsep, untuk membedakan
hubungan antarbab dan subbab menggunakan ….
A. gambar, garis dan warna C. gambar dan garis
B. gambar dan warna D. garis dan warna
38.
Perhatikan
pernyataan berikut!
[1] Mengidentifikasi ide-ide sekunder yang menunjang ide
utama
[2] Mengidentifikasi konsep-konsep sekunder yang menunjang
ide utama.
[3] Tempatkan ide utama di tengah atau di puncak peta
tersebut.
[4] Menghilangkan ide utama.
Bagian
yang tidak padu dari cara membuat peta konsep di atas adalah pada nomor ….
A. [1] C. [3]
B. [2] D. [4]
39.
Perhatikan
gambar berikut!
Lihat
dari kovernya, buku tersebut termasuk jenis ….
A. novel C. biografi
B. sejarah D. autobiografi
40.
Cermati teks
berikut ini !
Teks 2
|
|
Minuman
beralkohol tidak
baik bagi tubuh. Minuman tersebut dapat meningkatkan resiko terserangnya
penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan
pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat-zat yang terkandung dalam minuman
itu menyebabkan toksin bagi tubuh.
|
“Ika, mari
kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang
untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini kapan saja kamu mau
bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya
sudah hilang.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut
adalah….
A. lebih banyak menggunakan kata kias
|
lebih banyak
menggunakan kata lugas
|
B. menggunakan bahasa formal
|
menggunakan
bahasa percakapan
|
C. menggunakan kalimat percakapan
|
jarang
menggunakan gaya bahasa
|
D. menggunakan gaya bahasa
|
menggunakan
bahasa formal
|
II.
URAIAN
41.
Cermatilah wacana
di bawah ini!
Bumi
tersusun oleh inti bumi yang panas dengan bebatuan dan tanah. Pada permukaan
bumi tidak terasa panas karena tertutup oleh bebatuan dantanah tersebut. Akan
tetapi, apabila mantel yang melindungi bumi tidak sanggup menahan magma
terlalu lama,
berakibat endapan
magma dari inti bumi tersebut naik.
|
Telaah
dan jelaskanlah jenis konjungsi yang terdapat dalam wacana di atas dan disertai
dengan bukti kalimatnya!
42.
Perhatikan
identita buku di bawah ini!
Judul
Novel :
Ayat-Ayat Cinta
Nama
pengarang :
Habiburrahman El Shirazy
Tempat
dan Penerbit Buku : Jakarta, Penerbit
Republik
Tahun
Penerbitan : 2004
Tebal
buku : 20,5 x
13,5 cm
Keunggulan : Novel Ayat-Ayat
Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala
keislaman, kehidupan, dan juga cinta
Kekurangan : Menggunakan terlalu
banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami
|
Jabarkanlah
identitas novel di atas dalam bentuk paragraf ulasan!
43.
Bacalah
kutipan paragraph di bawah ini!
Sebagai
generasi penerus hendaknya mengungkapkan rasa syukur yang
sedalam-dalamnyaatas anugrah kemerdekaan Indonesia ini. Sebaiknya isi
kemerdekaan ini dengan belajar, dan bekerja yang giat sesuai dengan profesi
masing-masing. Sebagai generasi muda, kita haruslah mampu mendukung
pembangunan ini dengan sepenuhnya, ikut serta turun aktif, serta menjaga dan
melestarikan pembangunan yang sudah terwujud. Kepada lapisan generasi muda,
mari kita melaksanakan aktivitas yang positif demi kemajuan kita bersama,
agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif maju demi bangsa Indonesia.
|
Telaahlah kalimat yang
merupakan saran, arahan dan ajakan pada teks persuasif di atas!
44.
Drama memiliki
unsur-unsur instrinsik yaitu tema, penokohan, alur dan latar.
Jelaskanlah hubungan antarunsur-unsur intrinsik drama tersebut!
45.
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Komentar
Posting Komentar